25 April 2019 | Dilihat: 242 Kali
Haul Dayah Murina ke-19, Berlangsung Khidmat
noeh21
 

IJN - Aceh Timur | Lembaga Pendidikan Islam/Dayah Ma'hadul 'Ulum Rabithah Islamiah Nurul A'la (MURINA) peringati Hari Ulang Tahun (Haul) ke-19 di Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur pada Kamis 25 April 2019.

Dayah Murina merupakan salah satu lembaga pendidikan islam berbasis pemondokan yang merupakan salah satu fasilitas publik untuk memperbaiki akhlak umat, sesuai dengan Hadits dan firman Allah SWT.

Dayah Murina telah berdiri pada tanggal 22 Februari tahun 2000 lalu. Dan baru menerapkan sistem pemondokan sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Dayah ini, memilik 4 jadwal belajar mengajar, yakni usai shalat subuh, usai shalat duha, usai shalat duhur dan usai shalat insya

Bagi para santri yang masih berstatus siswa dan mahasiswa, jadwal belajar hanya dua waktu saja, yakni pada waktu usai subuh dan usai shalat Insya.

Ketua panitia pelaksana, Tgk. Hasyim mengatakan kegiatan tersebut diadakan guna melantunkan do'a untuk para perintis berdirinya dayah Murina, yang telah dibangun pada tahun 2000 lalu.

"Disampaing itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai wadah silaturahmi antara masyarakat, santri dan juga para alumni," papar Tgk Hasyim.

Sementara itu, Abu H. M. Yusuf Qardi dalam tausiahnya mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga dayah agar tetap aktif.

"Bantulah dayah, baik itu dengan harta, tenaga atau lain sebagainya. Minimal sudah tidak membantu, jangan sampai merugikan dayah,” papar Abu H. M. Yusuf Qardi.

Ia juga berpesan kepada seluruh warga dan santri untuk lebih mempersiapkan diri, jelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Penulis : Mhd Fahmi
Editor   : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com