23 Mei 2019 | Dilihat: 325 Kali
Pererat Silaturahmi Walikota, KIG dan Geuchik Se-Kota Sabang Gelar Buka Puasa Bersama
noeh21
Acara buka puasa bersama. Foto Windi
 

IJN - Sabang | Menjalin silaturahmi seluruh Geuchik dan Kelompok Informasi Gampong (KIG) Se Kota Sabang melakukan buka puasa bersama dengan Walikota Sabang Nazaruddin, pada Kamis tanggal 23 Mei 2019 di tugu Sabang-Merauke jalan Diponegoro kota Sabang.

Silaturahmi yang mengangkat tema “ Tingkatkan Kualitas KIG Dengan Keterbukaan Informasi  “ itu dihadiri Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, dan Dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sabang.

Walikota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom mengatakan,  sebagai mitra pemerintah gampong (desa), KIG  diharapkan dapat mengumpulkan dan mengolah data desa untuk kemudian di input ke  Aplikasi  Sistem Informasi Gampong.

KIG  memiliki fungsi sebagai pengumpul, pengolah, penginput dan penyampai informasi sudah selayaknya berekerja sama dengan Pemerintah Desa untuk saling mendukung melaksanakan Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP), web gampong.id.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan KIG sebagai corong informasi terdepan memiliki peran strategis dalam mewujudkan  pembangunan suatu daerah. 

“Yang terpenting mari bersama-sama memanfaatkan potensi yang ada di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) dalam mewujudkan Pembangunan Kota Sabang yang lebih baik lagi kedepan ," kata Walikota Sabang.

Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kota Sabang Drs. Ridwan, MD mengatakan, untuk meningkatkan kualitas dan peran KIG, pihaknya  bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh akan melaksanakan pelatihan bagi KIG, yang akan berlangsung pada tanggal 25 -27 Mei 2019.

Sistem Informasi Gampong sangat bermanfaat dalam rangka mempromosikan potensi gampong dan kebutuhan apa yang masih dibutuhkan, hal ini tentunya  juga sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kota Sabang khususnya Bappeda, dalam memperoleh data yang akurat, tambah Ridwan.

Diharapkan Program ini berjalan dengan baik dan dapat menjadi salah satu kota percontohan bagi kabupaten/kota lainnya yang ada di Aceh dalam hal penyajian data melalui website gampong.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama 3 hari  tersebut merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Komitmen Keuchik dan Ketua KIG se-Kota Sabang dalam rangka meningkatkan potensi gampong melalui pemanfaatan Sistem Informasi Gampong. 

Penulis : Windi
Editor : Rudi H
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com