12 Februari 2019 | Dilihat: 347 Kali
Saran Tokoh Muda Islam Kota Bogor Terkait SKB 3 Menteri
noeh21
 

IJN - Bogor | Sekretaris Komisi Fatwa MUI Kota Bogor KH. Khotimi Bakhri menanggapi usulan Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Grace Natalie yang meminta pencabutan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri soal pendirian tempat ibadah.

Sebelum Grace Natalie menilai SKB 3 menteri itu melanggar UUD 1945 pasal 28e dan pasal 29. Jika ada produk hukum yang bertentangan dengan UUD 1945 dan bertentangan dengan semangat konstitusi, maka jelas bertentangan dan terjadi diskriminasi.

Sebab ada pembatasan orang sehingga ia tidak bisa atau sulit untuk beribadah. Kata Natalie sebagaimana dikutip Tempo.co berjudul: Grace Natalie Usulkan Pencabutan SKB 3 Menteri Soal Tempat Ibadah

Menanggapi hal itu, KH Khotimi menyebut penertiban berbeda dengan pembatasan. SKB 3 menteri merupakan upaya menata pendirian ibadah agar tertib dan menjadi tolak ukur dalam melaksanakan kepercayaannya masing masing antar umat beragama yang ada di Indonesia khususnya wilayah Bogor.

"Kalau tidak ada penataan dan aturan bisa bertabrakan dan saling ketersinggungan antar umat beragama dan bisa berdamapak terhadap beberapa aspek Logis, etis dan estetis," ucapnya, Selasa 12 Februari 2019.

Ia menjelaskan, dampak logis bisa berdampak pada rasio tempat ibadah dan jumlah umat yang akan beribadah menjadi tidak logis. Bisa-bisa tiap daerah atau kelompok akan didirikan tempat ibadah jika secara finansial sudah memungkinkan. 

Dampak Etis/Etika ujarnya, suatu kebersamaan bisa bermasalah hanya gara-gara rasio tempat ibadah dan jumlah umat yang akan beribadah tidak proporsional.

"Dampak Estetis, secara estetis akan menimbulkan tata ruang dan tata letak yang kurang bagus terhadap SKB 3 Menteri tidak dicabut karena sudah terlihat efektivitasnya. Tapi kalau ada yang perlu disempurnakan, ya disempurnakan sehingga menjadi lebih baik dan bisa mejadi landasan antar umat beragama dalam menjaga kerukunan dan saling menghormati antar umat beragama tersebut," jelasnya.

Penulis : Ruddy Setiawan
Editor    : Hidayat S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com