10 Februari 2020 | Dilihat: 261 Kali
"Mencintai Bumi" PDI Perjuangan Gelar Bakti Sosial
noeh21
Bakti sosial penanaman bibit mangrove. Hendri/IJN
 

IJN - Banda Aceh | Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Aceh menggelar bakti sosial sebagai wujud "Mencintai Bumi". Bakti sosial di lakukan dengan cara menanam bibit pohon mangrove di Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin 10 Februari 2020.

Bakti sosial tersebut dilakukan menjelang pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang akan berlangsung besok (11/2) di Hotel Grand Arabia Blang Padang, Banda Aceh. Para pengurus dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Aceh, hadir dalam kegiatan itu.

Menurut Ketua DPD PDI-P Aceh, Muslahuddin Daud, penanaman bibit mangrove merupakan rangkaian dari agenda nasional partai, dengan tagline "PDI-Perjuangan Mencintai Bumi", yang dilaksanakan seluruh Indonesia.

"Seluruh DPC sudah mengirmkan nama dan jadwal pohon yang akan ditanami, mulai Februari hingga Mei 2020. Sesuai arahan Rakernas Partai, bulan yang lalu, bahwa penanaman pohon akan dipusatkan pada sumber mata air atau Daerah Aliran Sungai (DAS) dan wilayah green belt atau sabuk hijau untuk mencegah abrasi pantai," ungkap Muslahuddin.

Pemilihan penanaman hari ini, menurutnya sudah dijadwalkan sebelumnya, mengingat peserta dari daerah sudah tiba di Banda  Aceh yang diwakili 5 orang setiap kabupaten/kota.

"Para pengurus yang mengikuti acara ini diharapkan melakukan hal serupa di wilayah masing-masing sebagai wujud dari kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi aktual dalam masyarakat," ajaknya.

Selain diikuti oleh pengurus DPD dan DPC, penanaman ini juga didampingi oleh Panglima Laot setempat yang mengarahkan secara teknis bagaimana penanaman dilakukan, agar tumbuh sempurna dengan ikut mempertimbangkan pasang surut air laut.

Sementara alasan memilih bibit mangrove, kata Muslahuddin, karena pohon maggrovef merupakan salah satu pohon yang secara historis punya kekuatan yang lebih dan disamping keuntungan-keuntungan yang lain, baik itu ikan maupun ekosistem lain.

"Selain itu, misalkan terjadi sesuatu musibah atau bencana, pohon maggrove juga bisa menahan laju air yang masuk ke permukiman masyarakat. Penanaman pohon maggrovef ini kita laksanakan di Ulee Lheu, karena wilayah ini indentik dengan nilai-nilai sejarahnya, dan masyarakat sekitar Ulee Lheue juga sangat peduli terhadap kelestarian pantai," demikian jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Nagan Raya yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nagan Raya, Chalidin Oesman.

Penulis: Hendri
Editor: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com