14 Juli 2023 | Dilihat: 180 Kali
Bandeng Tanpa Tulang Produksi Koperasi Serba Usaha Muara Tanjung Aceh Timur Tembus Luar Daerah
noeh21
Bandeng Tanpa Tulang Produksi Koperasi Serba Usaha Muara Tanjung Aceh Timur. Foto. Humas Diskop UKM Aceh
 

IJN - Idi | Ada yang menarik ketika tim bidang pengawasan dan pemeriksaan Diskop dan UKM Aceh melakukan kunjungan ke Kabupaten Aceh Timur, beberapa waktu lalu.
 
Saat mengunjungi Koperasi Serba Usaha (KSU) Muara Tanjung, Gampong Tanjong Minjei, Kecamatan Madat, tim menyaksikan produksi ikan bandeng tanpa tulang dalam kemasan yang menarik di koperasi tersebut. Ikan bandeng tersebut memilki pasar hingga ke Banda Aceh.
 
Koperasi yang telah berdiri sejak tahun 2007 ini memproduksi bandeng tanpa tulang untuk memudahkan orang mengosumsinya, mengingat jenis ikan air tawar ini banyak terdapat tulang dari yang besar hingga yang halus.
 
Konsumen akan mudah menikmati ikan bandeng yang dikenal bergizi tinggi itu. Selama ini kendala tulang cendrung membuat orang kerepotan dalam mengkomsusinya.
 
Walau bukan yang pertama terobosan ini patut dipuji dalam menambah nilai produk yang dihasilkan. Bandeng tanpa tulang yang diberi label BATARI ini mulai dirintis sejak tahun 2017 dan terus berkembang hingga saat ini.
 
Adapun bahan baku didapat dari tambak anggota maupun di luar anggota koperasi sesuai kebutuhan produksinya. Dalam 1 bulan dibutuhkan lebih kurang 1 ton ikan bandeng.
 
Ikan bandeng tanpa tulang BATARI telah dipasarkan hingga ke Banda Aceh dan Tamiang. Omsetnya mencapai Rp.48 juta/bulannya. Harga jual Rp.16.000/ekor dan Rp. 70.000 /kg.
 
Ketua Koperasi, Mahmuddin, mengungkapkan koperasinya ingin meningkatkan produksi dan jangkauan pemasaran produk BATARI.

"Akan tetapi kami masih terkendala dalam izin edar serta sertifikat hallal dan kemasan yang masih tradisional,” kata Mahmudin, Jum'at 14 Juli 2023.
 
Adapun KSU Muara Tanjung saat ini memiliki jumlah anggota 50 orang yang bermata pencaharian petani tambak dan sawah.

Selain menjual ikan bandeng BATARI, KSU Muara Tanjung ini juga melakukan usaha pemasaran barang-barang pertanian, pupuk serta pakan ikan yang wilayahnya dari Aceh Timur hingga Aceh Utara dengan omset Rp.70 juta/bulannya. (ADV)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com