22 Juni 2023 | Dilihat: 225 Kali
Diskop UKM Lakukan Pendataan Pelaku Koperasi Seluruh Aceh
noeh21
Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh. Foto Hendria Irawan
 

IJN – Banda Aceh | Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh melakukan pendataan terhadap pelaku Koperasi dan UMKM seluruh Aceh.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Aceh, Azhari S.Ag, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Diskop UKM Aceh, Teuku Kamaluddin, SE, M.Si mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan koperasi dan UMKM se Aceh.

“Tahun lalu kita ada program dari kementerian koperasi RI yang diberikan untuk pendataan di tujuh Kabupaten/Kota,”kata Teuku Kamaluddin kepada IndoJayaNews.com, Kamis, 22 Juni 2023.

Teuku Kamaluddin menyebutkan, dalam program Kementerian Koperasi RI tersebut mendata tujuh Kabupaten/Kota, ada 236 ribu kuota diberikan, namun yang terdata 232 ribu para pelaku UMKM yang ada di tujuh kabupaten, diantaranya Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara.

Baca Juga : Diskop UKM: Aceh Jadi Pilot Project SPBUN Kemenkop
 
"Dari tujuh Kabupaten terkumpul UMKM sebanyak 232 ribu pelaku UMKM, namun data itu belum dirilis oleh kementerian koperasi, dan dalam pertemuan terakhir kita sudah meminta agar data tersebut bisa kita gunakan,"jelasnya.

Bahkan, kata dia, berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, tahun 2023 ini ada program untuk enam kabupaten/Kota yang akan segera dilauching dan akan dilakukan oleh pihak kementerian dengan berkerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Karena di Aceh ada 23 Kabupaten/Kota, kalau tahun ini di launching, tahun lalu ada 7 Kabupaten, dan tahun ini ada 6 Kabupaten/Kota, sementara sisanya di tahun 2024,”sebut Teuku Kamaluddin.

Menurutnya, pendataan pelaku koperasi dan UMKM ini sudah menjadi instruksi Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

“Diperkirakan akhir 2024 ada data tunggal untuk para pelaku UMKM seluruh Indonesia, melalui data yang kami terima  ada sekitar 64 juta para pelaku UMKM seluruh Indonesia,”demikian tutupnya. (Adv)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com