12 Juni 2023 | Dilihat: 311 Kali
Puluhan Siswa SD Negeri 71 Banda Aceh Antusias Kunjungi Diorama Kearsipan
noeh21
Kepala Bidang Pemanfaatan dan Layanan Arsip Dinas Perpustakan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Dr. Muslim Yakop, S.Ag, M.Pd saat memperlihatkan kepada para siswa tentang sejarah Aceh. Foto. Hendri Irwan
 

IJN - Banda Aceh | Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 71 Kota Banda Aceh mengunjungi ruang diorama kearsipan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA).
 
Kunjungan itu disambut langsung Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan dan Layanan Arsip Dinas Perpustakan dan Kearsipan Aceh (DPKA). Dr. Muslim Yakop, S.Ag, M.Pd mewakili Kadis DPKA, Edi Yandra.
 
Kepala SD Negeri 71 Kota Banda Aceh, Kamisah mengaku pihaknya sangat senang telah diberi kesempatan mengunjungi ruang diorama.
 
"Alhamdulillah kami diberi kesempatan bisa mengunjungi Diorama kearsipan, ini merupakan momentum luar biasa yang jarang kita temui, karena ini kesempatan yang kami tunggu-tunggu untuk berkunjung ke DPKA Aceh,"kata Kepsek, Kamisah kepada IndoJayaNews.com, Senin 12 Juni 2023.
 
Menurutnya, kunjungan siswa ini sangat bermanfaat bagi generasi Aceh kedepan untuk mengetahui langsung sejarah Aceh masa lalu, Aceh masa lampau, dan masa kini.

​​​​​"Karena dengan kunjungan ini, para siswa bisa mengatahui nilai nilai sejarah masalalu yang tidak kita ketahui, sehingga di ketahui oleh generasi bangsa kedepan,"ucapnya.
 
Ia menjelaskan, sebanyak 40 siswa SD Negeri 71 Banda Aceh melakukan kunjungan ke ruang diorama Kearsipan DPKA terdiri dari kelas 4 dan kelas 3.
 
"Dalam waktu dekat kita akan kunjungi lagi bagi siswa kelas lainnya, dengan harapan dinas Arsip terus berjaya dan mencerahkan generasi muda ke depan, agar para siswa mengetahui makna dan nilai nilai sejarah," tutupnya.
 
Sementara, itu Kepala Bidang Pemanfaatan dan Layanan Arsip Dinas Perpustakan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Dr. Muslim Yakop, S.Ag, M.Pd kepada IndoJayaNews.com mengatakan, pihaknya sangat senang atas kunjungan para siswa SD Negeri 71 Banda Aceh.
 
"Kita sangat senang atas kunjungan para siswa, karena sebelumnya kita juga telah melakukan kunjungan ke SD Negeri 71 Banda Aceh untuk memberikan pemahaman sejarah melalui vidoe dukometer," katanya.
 
Bahkan di tahun 2023, kata Muslim Yakop, para siswa bisa melihat langsung nilai sejarah dengan adanya ruang Diorama kearsipan.
 
"Kunjungan ini agar para siswa betul betul melihat langsung dokumen, foto, video dan deskripsi terkait dengan sejarah masalalu mulai dari masa keemasan, masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan,"jelasnya
 
Menurutnya, dalam ruang Diorama banyak hal yang diperoleh oleh para siswa dalam mengenal sejarah dan diorama juga sebagai wisata Arsip.
 
"Agar masyarakat dan para siswa mengetahui terkait pentingnya Arsip didalam kehidupan, sehingga nantinya bisa mengetahui dan mengimplementasikan dalam kehidupan ke masyarakat,"tutupnya.
 
Sebelumnya, peluncuran ruang Diorama Kearsipan Aceh pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) disambut positif masyarakat kota Banda Aceh. 
 
Sejak peresmiannya pertengahan Mei lalu, berbagai komunitas masyarakat telah berkunjung untuk mempelajari sejarah Aceh melalui arsip yang tersedia di sana.(ADV)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com