15 Juli 2023 | Dilihat: 139 Kali
Tembus Pasar Domestik, Diskop UKM Aceh Kunjungi Koperasi Wanita Hudep Beusare Syariah
noeh21
Tim dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh, melakukan kunjungan ke Koperasi Hudep Beusare Syariah di Gampong Lueng Bimba, Kecamatan Meurah Dua Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Foto. Diskop UKM Aceh
 

IJN - Meureudu | Tim dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh, melakukan kunjungan ke Koperasi Hudep Beusare Syariah di Gampong Lueng Bimba, Kecamatan Meurah Dua Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.

Sebagaimana diketahui, Koperasi Hudep Beusare ini diketuai oleh Safriatna, Helma Andriani sebagai Sekretaris dan Yusmaidar selaku Bendahara.

Adapun barang-barang yang diproduksi oleh koperasi ini sudah tembus ke pasar domestik.
 
Koperasi yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Meureudue ini dibentuk sejak tahun 2010 dan saat ini sudah beranggotakan 40 orang. 

Bahkan, koperasi ini melakukan produksi anyaman pandan, seperti tempat air mineral, kotak tissue, sajadah, tikar putih dan bermotif serta tikar duduk panjang.
 
Selain memproduksi anyaman pandan, koperasi ini juga memiliki Unit Simpan Pinjam yang sudah dikonversi ke Pembiayaan Syariah pada tahun 2020 dengan simpanan pokok dikenakan Rp.10.000,- perbulannya.
 
“Untuk membuat tikar menghabiskan waktu selama satu bulan. Kami perlu dukungan Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi mesin jahit pinggir agar pekerjaan kami lebih cepat selesai,”kata Safriatna, Sabtu 15 Juli 2023.
 
Dalam hal produksi anyaman pandan koperasi ini mendapat omset Rp 3 juta per bulannya. Harga jual tikar putih Rp. 180.000,- per lembar dan tikar motif Rp. 300.000,- per lembarnya. Sedangkan harga tikar duduk panjang per lembarnya dijual dengan harga Rp. 340.000,-.
 
Koperasi ini juga sering berpartisipasi dalam pameran lokal yang dilaksanakan oleh Pemda setempat. Pasarnya juga tersebar di beberapa kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Sigli, Bireuen dan Aceh Timur.
 
“Untuk ke depannya, koperasi ini membutuhkan pembinaan lebih lanjut dan intensif untuk pengembangan usaha dan pemasarannya,” pungkas Safriatna. (ADV)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com