16 Februari 2024 | Dilihat: 119 Kali
113 Warga Binaan Lapas Calang Berikan hak suara pada Pemilu 2024
noeh21
Petugas KPPS Lapas Calang saat merekapitulasi surat suara dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. Foto. Humas Lapas Calang
 

IJN - Calang | Sebanyak 113 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Calang, Kabupaten Aceh Jaya memberikan hak suara dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di halaman lapas setempat, Rabu 14 Februari 2024.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Calang Yusaini, mengatakan bahwa hak partisipasi politik tak mengenal batasan tempat, dan petugas telah menyiapkan serta memastikan proses pemilihan berlangsung transparan dan adil di dalam lapas, untuk menciptakan suasana demokratis dimana setiap suara dihargai.
 
"Keikutsertaan warga binaan ini menggambarkan upaya untuk mewujudkan inklusifitas dan keadilan dalam proses demokrasi," kata Plt Kalapas Calang, Yusaini.
 
Ia menjelaskan, dari total 113 warga binaan yang memberikan hak suara, mereka terbagi dalam beberapa kategori Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sebanyak 61 orang masuk dalam DPT, menandakan bahwa mereka memiliki hak pilih sebagai warga yang telah terdaftar secara resmi.
 
Selain itu, 51 orang termasuk dalam kategori Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), menunjukkan keterlibatan mereka yang mungkin baru saja masuk di lembaga pemasyarakatan.
 
Dari jumlah 137 orang warga binaan hanya 113 orang yang dapat memberikan suaranya, hal ini dikarenakan jumlah surat suara yang ada hanya berjumlah 113 surat suara, selain itu beberapa dari warga binaan tidak memiliki NIK KTP.
 
"Dengan partisipasi dari berbagai kategori DPT dan DPTb, pemilu di dalam lapas menjadi representatif dari beragam latar belakang dan kondisi warga binaan," jelasnya.
 
Yusaini menekankan, pentingnya hak suara sebagai bagian dari hak asasi manusia, serta keinginan untuk memastikan bahwa setiap warga binaan memiliki peluang yang sama dalam mengambil bagian dalam proses demokrasi.
 
"Setiap suara memiliki nilai dan dampaknya, dan ini adalah langkah positif menuju pembangunan masyarakat yang adil dan berkeadilan," ungkap Kalapas Calang.
 
Yusaini juga menyebutkan bahwa KPPS Lapas Calang beranggotakan dari pegawai Lapas Calang sendiri dengan di ketuai oleh Riki Ketaren Kasubsi Pembinaan Lapas Kelas III Calang.

Sementara itu, Riki Ketaren Ketua KPPS Lapas Calang mengatakan, pelaksanaan pemilu 2024 di lapas Calang berjalan lancar.
 
"Berkat kerja keras dan tanggung jawab dari seluruh anggota KPPS TPS khusus Lapas Calang hingga pagi ini, kami telah berhasil menyelesaikan Rekapitulasi surat suara dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota yang selanjutnya sudah kami serahkan ke tingkat PPS dengan keadaan baik dan lengkap, " demikian tutupnya.




Penulis: Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com