10 Februari 2019 | Dilihat: 1539 Kali
Akhir Februari KMP Labuhan Haji Akan Naik Dock
noeh21
Gambar : KMP Labuhan Haji
 

IJN - Sinabang I Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Labuhan Haji yang selama ini melayari rute Labuhan Haji (Aceh Selatan)-Sinabang (Simeulue) dan Singkil (Aceh Singkil) dilaporkan akan naik dock (pemeliharaaan dan perawatan).

Kabar tentang naik dock KMP Labuhan Haji diinformasikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simeulue, Kasirman, SE, melalui sambungan seluler pada Minggu 10 Februari 2019.

"Pada tanggal 22 Februari, KMP Labuhan Haji akan naik dock untuk menjalani pemeliharaan rutin,"kata Kasirman.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan penyeberangan ke Labuhan Haji, KMP Teluk Sinabang dijadwalkan akan melayani rute Pelabuhan Labuhan Haji, Sinabang dan Pelabuhan Kuala Bubon di Aceh Barat.

"KMP Labuhan Haji pada 18 Februari masih melayani rute ke Labuhan Haji, pada 20 Februari akan bertolak ke Belawan, Sumatera Utara untuk naik dock,"ujar Kadis Perhubungan Simeulue, Kasirman.

"Selama KMP Labuhan Haji menjalani proses Dock, untuk rute Sinabang-Aceh Singkil sementara di off kan,"papar Kasirman.

​​​​​​Di samping itu, kehadiran KM Sabuk Nusantara diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat yang hendak ke Pulau Sumatera.

"KM Sabuk Nusantara akan ditambah jadwal keberangkatan menuju Meulaboh,"cetus Kadis Perhubungan Simeulue, Kasirman.

​​​​
​​Kasirman juga menjelaskan lama waktu pemeliharaan kapal rutin akan memakan waktu 3 minggu lebih, dan diharapkan KMP Labuhan Haji akan kembali beroperasi pada akhir Maret mendatang.

Dipercepatnya docking KMP Labuhan Haji diketahui untuk mengantisipasi adanya permasalahan pelayaran yang kerap terganggu menjelang bulan puasa dan mengantisipasi lonjakan mudik lebaran.

Hal ini juga mengingat pada April mendatang adanya Pemilu serentak dipastikan akan ada lonjakan penumpang yang hendak pulang ataupun pergi menuju daratan Pulau Sumatera. (AA).



 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com