22 Desember 2023 | Dilihat: 96 Kali
Akhir Tahun 2023, BNN Kota Sabang lakukan berbagai Upaya Berantas narkotika
noeh21
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sabang menggelar Press Release Akhir Tahun 2023 bersama sejumlah awak media. | (Foto Iin Wahyudi).
 

IJN - Sabang | Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sabang menggelar Press Release Akhir Tahun 2023 bersama sejumlah awak media dalam upaya capaian Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) mewujudkan Kota Sabang Bersinar (Bersih Tanpa Narkoba) di Kantor BNN Kota Sabang, Kamis, 21 Desember 2023. 
 
Kepala BNN Kota Sabang Hasnanda Putra, ST, MM, MT menyampaikan, dalam kurun waktu 2023 BNN Kota Sabang telah banyak melakukan program P4GN berupa sosialisasi, deteksi dini, maupun program prioritas nasional lain yang menyasar ke seluruh lapisan masyarakat.
 
“Untuk Tahun 2023 ini, BNN Kota Sabang telah melakukan banyak program P4GN kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan yang terus kita lakukan, dan kita berharap akan mengurangi angka penyalahgunaan narkotika yang ada di Kota Sabang,” ucap Hasnanda.
 
Dalam kurun waktu 2023, BNN Kota Sabang juga telah melakukan sinergi dengan berbagai instansi, lembaga maupun sekolah dengan melakukan berbagai kerjasama yang terjalin melalui Memorandum of Understanding (MoU).
 
Hal Senada disampaikan Penanggung jawab Seksi P2M Supriadi ST, sebagai daerah yang menjadi salah satu destinasi favorit yang selalu dikunjungi oleh wisatawan, terdapat tingkat kerawanan narkoba di wilayah Kota Sabang pada tahun 2023 sebanyak 3 desa berstatus waspada sedangkan 15 lainnya berstatus siaga.
 
Supriadi menambahkan, untuk mengetahui suatu desa bisa dikatakan rawan narkoba memiliki delapan indikator karakteristik pokok diantaranya, adanya bandar narkoba/pengedar, tingginya angka penggunaan narkoba maupun ditemukannya jalur entry point narkoba. Sementara untuk 5 indikator pendukung diantaranya rendahnya interaksi sosial masyarakat, tingginya angka kemiskinan, dan lain sebagainya.
 
"Pada tahun 2023, BNN Kota Sabang melalui Seksi P2M dan Rehabilitasi telah mendeklarasikan 2 Desa Bersinar Gampong Cot Ba'u dan Gampong Ie Meulee yang berada di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang sekaligus Launching program IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) yang dilengkapi dengan Agen Pemulihan (AP) di Gampong tersebut,' ujar Supriadi. 
 
BNN Kota Sabang juga telah menyelesaikan program Remaja Teman Sebaya dan program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang dilakukan selama 5 kali pertemuan dalam kurun waktu 2023.
 
Dari hasil survey yang dilaksanakan oleh BNN RI untuk tahun 2023, hasil Indeks Ketahanan Keluarga Anti Narkoba (Dektara) yang diperoleh BNN Kota Sabang berada di kategori sangat tinggi sementara Indeks Ketahanan Diri Remaja (Dektari) berada di kategori tinggi.
 
Pada program Pemberdayaan Masyarakat, intervensi yang dilakukan yaitu melalui pembentukan penggiat anti narkoba serta kegiatan deteksi dini melalui tes urine.
 
Hasil dari kegiatan tersebut telah terbentuk 80 orang penggiat di lingkungan swasta, pemerintah, masyarakat, dan pendidikan di wilayah Kota Sabang. Sedangkan deteksi dini melalui tes urine telah dilakukan sejumlah 790 orang baik dari instansi pemerintah maupun swasta secara swadaya (mandiri).
 
Sementara Penanggung jawab Seksi Rehabilitasi BNN Kota Sabang dr. Deny Fahrian Menjelaskan, Program Rehabilitasi yang diberikan oleh BNN bagi Penyalahguna Narkoba bersifat gratis tanpa berbayar dan di beberapa gampong juga sudah terdapat program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) atau program yang berupaya menyelesaikan permasalahan penyalahgunaan narkotika dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan intervensi kepada masyarakat yang telah menggunakan narkoba.
 
"Setiap pelapor maupun penyalahguna narkoba yang datang ke Klinik Pratama BNN Kota Sabang, identitasnya akan terjaga dan bersifat rahasia,' ujar dr Deny Fahrian. 
 
Menurut data yang dikumpulkan, Klien yang menjalani rehabilitasi di Klinik Pratama BNN Kota Sabang sesuai antara target dan capaiannya untuk Tahun 2023.
 
Diakhir kegiatan, Hasnanda berharap semua masyarakat di Kota Sabang dapat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh BNN untuk mewujudkan Sabang sebagai Kota Wisata yang bersih dari narkoba.
 
Turut hadir Kasubbag Umum Dahlia Sungkar, SE, Penanggung Jawab Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Supriadi, ST dan Penanggung Jawab Seksi Rehabilitasi dr. Deny Fahrian M.


Penulis: IIN
Editor : Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com