29 Oktober 2019 | Dilihat: 209 Kali
Angle Berita Anti Mainstream Lebih Menarik
noeh21
Pelatihan jurnalistik. Ist
 

IJN - Banda Aceh | Sebanyak 30 peserta dari jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik, yang diadakan di Diskominfotik Banda Aceh di aula dinas tersebut, Senin 28 Oktober 2019.

Menurut Kepala Diskominfotik Banda Aceh, Bustami melalui sekretaris T Taufik Mauliansyah, kemampuan menulis berita dengan baik bagi jajaran pemerintah sangatlah penting, karena banyak program pemerintah yang perlu dipublikasi.

"Jika tidak ada yang bisa menulis dengan baik, maka berbagai program, kegiatan, inovasi dan karya-karya penting dan menarik yang dilaksanakan di Organisasi Perangkat daerah (OPD) tidak akan diketahui oleh masyarakat," katanya.

"Disamping itu, menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena dengan menulis, kita bisa belajar untuk menemukan dan menggunakan kata-kata yang tepat," demikian disampaikan T Taufik saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

T Taufik juga mengungkapkan, era milenial ini, masyarakat lebih senang membaca berita-berita anti mainstream daripada berita yang mengabarkan acara seremonial semata.

"Kalau berita seremoni mungkin anak milenial malas membacanya. Disamping itu, di zaman millenial dan era digital seperti saat ini, sebuah berita juga memerlukan foto dan video, tanpa keduanya berita kita terkadang dikatakan hoaks," jelasnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, Diskominfotik Kota Banda Aceh menghadirkan sejumlah pemateri dari kalangan jurnalis yang dinilai memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang jurnalistik.

Diantaranya Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh yang juga Kepala Biro Inews TV/MNC group Aceh, Misdarul Ihsan. Materi yang disampaikan yaitu "Membangun Hubungan dengan Media, Kode Etik Jurnalistik dan Regulasi".

Selanjutnya Sekretaris AJI Banda Aceh yang juga wartawan merdeka.com, Afifuddin, menyampaikan materi "Mengenal Fakta dan Opini". Selanjutnya, Pemred masakini.co, Maimun Saleh menyampaikan materi "Mengenal Engle Berita dan Menulis Populer dan Bahasa Jurnalistik".

Selain itu juga ada salah satu wartawan dari kumparan, Zuhri Noviandi yang diminta menyampaikan materi tentang "Mengenal Jenis Berita dan 5W1 H".

Penulis: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com