02 Maret 2023 | Dilihat: 208 Kali
Antusiasme ASN Melaporkan Wajib Pajak SPT Tahunan
noeh21
 

IJN - Aceh Selatan | Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh oleh Aparatur Sipil Negara di KPP Pratama Tapaktuan tercatat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tapaktuan, Drajat Setiharso, menyampaikan bahwa saat ini sudah 8.490 ASN yang telah melaporkan SPT nya atau sebesar 38% dari jumlah ASN yang terdafta. Kondisi ini terjadi dikarenakan adanya kesadaran Wajib Pajak ASN untuk melaporkan SPT Tahunan lebih awal.

"Untuk pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan Badan, telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2023. Sedangkan batas akhir pelaporan, untuk SPT Tahunan PPh Orang Pribadi adalah tanggal 31 Maret 2023 dan untuk SPT Tahunan Badan adalah tanggal 30 April 2023," ujar Drajat Setiharso.

Drajat Setiharso menjelaskan seperti tahun-tahun sebelumnya, puncak dari pelaporan SPT Tahunan oleh ASN dan Wajib Pajak lainnya, akan terjadi pada awal sampai dengan akhir bulan Maret ini.

"Pelaporan yang dilakukan oleh ASN ini seluruhnya dilakukan secara mandiri melalui e-filing pada website djp online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja," kata Drajat Setiharso.

Untuk mendukung pelaporan SPT tahunan oleh ASN, sejak awal februari, telah dibuka kelas pajak di KPP Pratama Tapaktuan. 
Setiap hari, kelas pajak ini banyak dikunjungi oleh ASN yang ingin melaporkan SPT tahunan.

Untuk lebih mengoptimalkan pelaporan SPT Tahunan oleh ASN, KPP Pratama juga telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintahannya agar melaporkan SPT Tahunan di awal waktu. 

Upaya tersebut ditindaklanjuti, dengan gencar melakukan asistensi pelaporan SPT Tahunan, dengan membuka pojok pajak pada setiap Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), dengan tujuan untuk memberi kemudahan bagi para ASN dalam melaporkan SPT Tahunan.

Seperti pojok pajak yang dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Barat Daya pada tanggal 28 Februari 2023 lalu. 

Diakhir penyampaian Kepala KPP Pratama Tapaktuan, Drajat Setiharso, pihaknya akan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan himbauan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial, whatsapp blast, banner, spanduk dan baliho di wilayah kerja KPP Pratama Tapaktuan.

Pantauan awak media indojayanews.com dalam pelaporan SPT tahunan, yang diawali oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Daya, Salman Alfarisi, yang diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten.

Salman Alfarisi menyampaikan, pihaknya mendukung upaya KPP Pratama Tapaktuan dalam program asistensi pelaporan SPT Tahunan yang dilakukan. "Sebagai wujud dukungan kepada program tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya akan mengimbau dan menginstruksikan seluruh ASN dilingkungan pemerintahan Aceh Barat Daya untuk melaporkan SPT Tahunan tepat waktu," ujar Salman Alfarisi.

Dengan semua kegiatan yang telah dilakukan tersebut, diharapkan Wajib Pajak ASN dan Wajib Pajak lainnya segera melaporkan SPT Tahunan dengan tepat waktu sehingga dapat meningkatkan kepatuhan penyampaian SPT tahunan di tahun 2023 ini. (AS)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com