14 April 2020 | Dilihat: 424 Kali
Aspal Ulang Jalan Pasar Indrapuri, Masyarakat Apresiasi Kontraktor Jalan Tol
noeh21
Pengaspalan jalan.
 

IJN - Aceh Besar | Kontraktor Pelaksana Proyek Jalan Tol Banda Aceh-Sigli langsung bergerak cepat menyikapi dampak lingkungan yang terjadi pasca pemakaian jalan akses Pasar Indrapuri untuk kelancaran pembangunan pekerjaan jalan Tol.

Pantauan wartawan di lokasi pada Selasa, 14 April 2020, pihak pelaksana Proyek Jalan Tol Banda Aceh-Sigli telah selesai melakukan perbaikan pengaspalan ulang jalan Pasar Indrapuri sepanjang 2,7 kilometer. Jalan yang diaspal hotmix itu melintasi tiga gampong, yaitu Gampong Pasar Indrapuri, Leuhe dan Gampong Cureh.

Kontraktor Pelaksana Proyek Jalan Tol Banda Aceh-Sigli yaitu PT. Adhi Karya (Persero) Tbk Divisi Infrastruktur 1 melalui Humas, Ridwansyah menjelaskan bahwa jalan tersebut dipakai untuk memperlancar kegiatan pekerjaan jalan tol selama 1 (satu) tahun lebih sejak awal tahun 2019 hingga akhir bulan Maret 2020.

"Kami langsung bergerak cepat untuk memperbaiki jalan yang rusak, serta pagar sekolah yang sempat diprotes warga," ujar Ridwansyah.

Disamping itu, pihaknya juga melakukan perbaikan pada saluran-saluran sepanjang jalan yang mengalami kerusakan. "Sekarang masih dalam proses pekerjaan pembersihan dan perbaikan,” ungkapnya.

Selama penggunaan jalan akses tersebut, pihak pelaksana jalan tol rutin melakukan koordinasi dengan unsur Muspika Indrapuri, Keucik setempat dan tokoh-tokoh masyarakat. Selain itu, untuk penanggulangan dampak lingkungan, pihaknya juga melakukan penyiraman rutin, perbaikan jalan rutin, pemasangan filter ventilasi debu pada sekolah-sekolah dan fasilitas umum.

"Sejak awal bulan April 2020, akses tersebut sudah tidak digunakan lagi oleh pihak Pelaksana Jalan Tol untuk kegiatan pekerjaan supply material dan alat berat. Pelaksana jalan Tol dalam hal ini PT. Hutama Karya dan PT. Adhi Karya dan semua yang terlibat dalam pekerjaan Jalan Tol sangat terima kasih kepada Pemerintah Setempat, Muspika Kecamatan Indrapuri, Keucik dan tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh masyaraakat Kecamatan Indrapuri atas dukungan dan kerjasamanya selama ini," pungkasnya.

Masyarakat Ucapkan Terima Kasih

Masyarakat sepanjang jalan akses Pasar Indrapuri yang sebelumnya mengaku kecewa pun akhirnya merasa lega atas langkah cepat penanganan jalan yang sempat rusak akibat banyaknya truk pengangkut material yang lalu lalang. Hal itu diungkapkan Geuchik Gampong Pasar Indrapuri, Maimun.

"Kami sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada pihak pelaksana proyek jalan tol yang telah memperbaiki jalan dan saluran yang rusak," ucap Geuchik Gampong Pasar Indrapuri, Maimun saat dimintai pendapatnya.

Hal senada juga diucapkan Ketua Pemuda Gampong Pasar Indrapuri, Zulfikar. Sebut pemuda itu, pihaknya sangat menghargai niat tulus pihak perusahaan pelaksana proyek strategis nasional itu dalam menanggapi keluhan warga.

"Kami sangat menghargai dan berterimakasih kepada pihak kontraktor yang telah bergerak cepat merespon keluhan warga,” kata Zulfikar.

Red
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com