12 Oktober 2018 | Dilihat: 398 Kali
Banjir dan Lonsor Landa Aceh Singkil
noeh21
Salah Satu Titik Kawasan Permukiman Penduduk Aceh Singkil Terendam Banjir. (foto; ijn)
 

IJN | Aceh Singkil - Akibat intensitas curah hujan deras menguyur Kabupaten Aceh Singkil  yang terdiri dari 11 Kecamatan, sejak sepekan belakangan ini dan meluapnya sungai Singkil menyebabkan sebagian besar Kecamatan daerah setempat terendam banjir, dan longsor.

"Sebagian besar Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil, terendam banjir. Beruntung dalam bencana alam banjir itu tidak ada korban jiwa", ucap Pusdalops BPBD Kabupaten Setempat, Rosiana Kusuma Wardani kepada wartawan Jum’at, 12/10/2018.

Sebelumnya genangan banjir melanda Aceh Singkil sejak, Kamis, 11/10/2018, selain mengenangi permukiman rumah penduduk, juga merendam fasilitas umum dan jalan lintas Singkil-Subulussalam, di Kecamatan Suro serta jalan penghubung di Kecamatan Gunung Meriah.

Dari data BPBD Aceh Singkil 6 Kecamatan yang terendam banjir diantaranya, Kecamatan Suro, Singkohor, Kuta Baharu, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara. 

"Untuk data korban yang terkena banjir saat ini pihak BPBD sedang melakukan pendataan",  ujar Rosi.

Saat ini pihak BPBD terus melakukan pemantauan, kordinasi dan mengerahkan tim membawa perahu karet guna membantu masyarakat yang terkena banjir terparah serta membuat laporan.

Menurut Rosi, dari 6 Kecamatan yang sebelumnya terendam banjir, Satu diantaranya yakni Kecamatan Suro kondisinya mutakhirnya saat ini aman terkendali. 

Sedangkan 5 Kecamatan lainnya masih banjir dan longsor. Disamping itu, informasi dari Asisten I Setdakab Aceh Singkil, Moch.Ichsan, Jumat, 12/10/2018, longsor juga terjadi di desa situbuh-tubuh, Kecamatan Danau Paris, daerah setempat.
Dari kejadian tersebut, beruntung satu orang korban saat melintasi jalan tersebut dapat diselematkan. Sedangkan informasinya akses transportasi jalan lintas itu, saat ini lumpuh tidak bisa dilalui, ungkap Ichsan.

Menurut Buyung Sanang, salah seorang warga Kampong Pemuka, Singkil, genangan banjir sudah mulai mengenangi permukiman rumah penduduk sekitar.

Diperkirakan debit air banjir mengenangi Kecamatan Singkil akan terus bertambah. Apalagi hujan terus menguyur daerah setempat, pungkasnya. (Erwan)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com