14 Oktober 2018 | Dilihat: 262 Kali
Banjir Mulai Genangi Ibukota Aceh Singkil
noeh21
Banjir menggenangi Ibu kota Aceh Singkil. Foto ; Erwan
 

IJN | Aceh Singkil - Banjir mulai mengenangi permukiman penduduk, fasilitas umum dan jalan lintas menuju ibukota Kabupaten Aceh Singkil.
Dari pantauan IJN, Minggu, 14 Oktober 2018. Genangan air banjir semakin meluas, bahkan seluruh kawasan Kampung Ibukota Aceh Singkil sudah terendam genangan air banjir.

Sesuai Update data Pusdalops PB BPBD Aceh Singkil, dari 11 Kecamatan dalam Kabupaten Setempat, 8 Kecamatan sudah berdampak terendam banjir dan  longsor.

Kondisi mutakhir dari 8 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil yang terdampak banjir  dan longsor yakni, Kecamatan Suro saat ini aman terkendali, Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meriah banjir sudah mulai surut.

Baca juga : Banjir dan Lonsor Landa Aceh Singkil

Kecamatan yang masih tergenang banjir diantaranya, Kecamatan Singkohor, Kuta Baharu, Singkil Utara, dan Singkil.

Sedangkan longsor yang terjadi di Kecamatan Danau Paris sempat menutup akses jalan lintas setempat, saat ini sudah dibersihkan dan bisa dilalui.

Sementara Kepala Kampung Pemuka, Singkil, Sabaruddin mengatakan, kedalaman air mengenangi permukiman desa yang dipimpinnya saat ini sudah mencapai 80 centi meter.

Bahkan akses jalan lintas Singkil-Subulussalam yang berada didesa tengganya Kampung Ujung Bawang juga sudah tergenang banjir sedalam  kurang lebih 40 centimeter.

Selanjutnya Sabaruddin menambahkan, sebagian warga yang rumahnya terendam banjir, terpaksa harus membuat pentas untuk meninggikan lantai rumahnya agar tidak terendam banjir dan mengungsi kebadan jalan yang tidak terendam banjir untuk melakukan aktifitas nya masaka memasak.

Sebelumnya, salah seorang masyarakat Singkil, Buyung Sanang mengatakan, air banjir mulai mengenangi halaman rumah warga di Kampung Pemuka, sejak Sabtu, 13/10/2018, kemarin sekira pukul 08.00 WIB. Dengan ketinggian air sekira 70 centimeter. (Erwan)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com