04 September 2019 | Dilihat: 170 Kali
Belum Ada Hibah, Menjadi Kendala Renovasi Makam Syekh Abdurrauf As Singkily
noeh21
Makam Syekh Abdurrauf As Singkily, terletak disamping Sungai Singkil, Kampung Kilangan, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, saat dikunjungi penziarah dari luar daerah.
 

IJN - Aceh Singkil | Untuk lahan lokasi Makam Ulama Besar Aceh, Syekh Abdurrauf As Singkily, yang berada di Kampung Kilangan, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, hingga saat ini belum ada.
 
Kepala Kampung Kilangan, Singkil, Mukti, saat ditemui Indojayanews.com diruang kerjanya, Rabu 4 September 2019 mengatakan, untuk melakukan pemugaran, penataan lokasi makam Ulama besar Aceh, salah seorang tokoh terkenal penyebar agama Islam di Sumatera dan Nusantara itu, pihaknya masih terkendala dengan surat persetujuan hibah dari pihak ahli waris. Sehingga, untuk melakukan renovasi penataan lahan makam menggunakan dana desa, pihak Pemerintah Kampung Kilangan, masih terkendala dengan hibah pembebasan lahan dari pihak ahli waris.
 
"Untuk itu pihak Pemerintah Kampung Kilangan, sudah pernah melakukan kordinasi dengan pihak ahli waris pemilik lahan lokasi makam salah seorang cucu alm. Syekh Buya Mato Ai, saat berziarah ke Makam Syekh Abdurrauf, di Singkil," ungkap Mukti.
 
Diakuinya, memang saat dilakukan koordinasi mendapat respon positif dari pihak ahli waris terkait hibah lahan tersebut ke Pemerintah Desa. Namun, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan surat hibah itu.
 
"Sementara untuk melakukan renovasi pemugaran terhadap lokasi makam melalui anggaran pemerintah perlu adanya surat persetujuan hibah yang ditanda tangani oleh pihak ahli waris," ujarnya.
 
Mukti berharap, persetujuan hibah tersebut bisa segera ditandatangani oleh ahli waris. "Sehingga dapat dilakukan pemugaran terhadap lokasi makam," harapnya.
 
Karena sebelumnya pihaknya akan mengusulkan dan merencanakan untuk pemugaran lokasi makam agar terlihat lebih rapi dan bagus, serta membangun berbagai tempat kuliner daerah setempat dan lainnya.
 
Karena selain untuk memperindah area makam dapat dijadikan tempat objek wisata religi yang dapat membuka peluang usaha baru bagi para pedagang dan masyarakat sekitar, serta mendatangkan pendapatan bagi Pemerintah Kampung," terangnya.
 
"Selain itu, saat pihak Pemerintah Kampung berkordinasi dengan ahli waris, berencana akan membuat tempat area parkir kenderaan dibelakang lokasi makam dengan membebaskan lahan masyarakat terkena bangunannya," ungkapnya.
 
Dari informasi dan pantauan dilapangan, makam Syekh Abdurrauf As Singkily terletak persis disamping Sungai Singkil, itu rutin dikunjungi warga setempat dan masyarakat luar daerah untuk berziarah. Apalagi dikala hari-hari besar Islam dengan membaca Al Qur'an serta melaksanakan ibadah dilokasi makam.
 
Syekh Abdurrauf As Singkily, dikenal seorang tokoh Ulama Besar Aceh, yang memiliki pengaruh yang besar dalam penyebaran agama Islam di Sumatera dan Nusantara.
 
Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com