18 Januari 2019 | Dilihat: 366 Kali
Bener Meriah Komit Rencanakan Transfer Anggaran Berbasis Ekologi
noeh21
 

IJN - Bener Meriah I Pelaksana Tugas (Plt)) Bupati Meriah Syarkawi berkomitmen untuk menjaga lingkungan, termasuk bakal mempertimbangkan lahirnya kebijakan Transfer Anggaran Kabupaten (TAKE) berbasis ekologi.

Hal itu disampaikan Syarkawi saat bertemu dengan Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh mengenai konsep TAKE berbasis lingkungan di ruang kerjanya, Kamis 17 Januari 2019.

"Bupati Bener Meriah menyatakan kalau pihaknya komit menjaga lingkungan, termasuk dengan cara adanya skema TAkE ini," kata Kadiv Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan.

Dalam pertemuan dengan Syarkawi, Fernan menjelaskan bahwa skema TAKE ini perlu dilakukan untuk menjaga hutan dan lingkungan Aceh. Cara ini menjadi salah satu langkah baik yang harus dilakukan pemerintahan.

Kemudian, Ekologi Fiscal Transfer (EFT) itu dapat dilaksanakan pada beberapa level pemerintahan mulai dari Pemerintah Pusat ke Provinsi, Pemerintah Provinsi ke Kabupaten/kota, dan hingga ke pemerintahan Gampong.

"Jika kebijakan EFT berbasis lingkungan dikeluarkan, maka akan lebih mudah pemerintah menjaga hutan, untuk itu diharapkan skema tersebut diterapkan sesegera mungkin," tuturnya.

Plt Bupati Bener Meriah, Syarkawi menuturkan pihaknya bakal menyiapkan landasan kebijakan yang berbasis lingkungan, kemudian mereka juga akan melihat peraturan yang sudah berjalan di Kabupaten Pidie sebagai pedoman awal menerapkan skema tersebut

"Kita akan menyiapkan landasan tersebut sebagai bahan awal memulai skema seperti ini dalam menjaga lingkungan," katanya.

Syarkawi mengatakan, selama ini Pemerintah Bener Meriah sudah melakukan berbagai hal dalam menjaga lingkungan, seperti adanya perhutanan sosial, hutan adat, pembuatan taman di desa-desa hingga penerapan pengelolaan sampah.

"Beberapa langkah sudah kita mulai, tetapi bila mana masih ada yang bisa kita benahi akan kita benah," ungkap Syarkawi dalam pertemuan bersama GeRAK Aceh.

Sementara itu, hal senada juga diutarakan tenaga ahli Plt Bupati Bener Meriah, Fakhruddin menegaskan kalau Syarkawi memang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga hutan dan lingkungan, bahkan tak hanya hari ini, melainkan sudah sejak awal memimpin Bener Meriah.

"Pak Bupati memang komitmen dalam hal menjaga lingkungan, itu sudah sejak awal beliau memimpin," tegasnya.

Kedepannya, lanjut Fakhrudin, jika memang skema EFT dilaksanakan, sejauh ini daerah memang tidak memiliki anggaran yang cukup, karena itu perlu juga adanya bantuan dari berbagai sumber lainnya.

"Anggaran kita mungkin tidak cukup, apalagi desa di daerah kita juga luas," pungkasnya.
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com