14 Mei 2019 | Dilihat: 292 Kali
Berkah Ramadhan Bagi Pedagang Kelapa Muda
noeh21
Salah seorang pedagang kelapa muda, di Singkil, ketika menjajakan barang dagangannya, dipinggir jalan ibukota Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Sudah menjadi ciri khas tradisi di momen bulan suci Ramadhan menjamurnya pedagang dadakan mulai dari jenis minuman, maknan siap saji dan beberapa jenis makanan dan minuman lainnya yang tersedia menjelang berbuka puasa.

Berkah dibulan suci Ramadhan tidak hanya dirasakan penjual takzil saja, Alhamdulillah pedagang air kelapa muda juga ikut merasakannya, ucap Ani salah seorang pedagang kelapa muda, diwilayah Singkil, Selasa 14 Mei 2019.

Dia mengaku, berjualan bersama adiknya dihari pertama puasa mampu menghabiskan sebanyak 300 buah kelapa terjual. Namun saat ini penjualan menurun berkisar 200- 150 buab perharinya.

Ani mengatakan, untuk mendapatkan buah kelapa muda mereka menjempit dan membeli langsung kepada pimilik kebun kelapa di daerah Gunung Meriah, Aceh Singkil. Dengan modal Rp.6 ribu perbuahnya dan sesampai di Singkil dijual Rp.10 ribu.

Dikatakan, mereka berdagang kelapa muda secara bersama kakak beradik didepan rumah orang tuanya, tidak cuma dibulan puasa saja. Tapi memang menjual kelapa muda sudah menjadi mata pencarian sehari-hari.

Disamping itu, Zeki pedagang musiman lainnya mengaku, dibulan puasa ini menjadi berkah tersendiri bagi pedagang musiman penganan aneka kue dan minuman seperti dirinya.

Iwan salah seorang warga Singkil, mengaku hampir setiap hari membeli kue dan air kelapa muda untuk minuman berbuka puasa.

Pantauan wartawan, para pedagang minuman, makanan, dan aneka menu buka puasa lainnya, sekira pukul 15.00 wib sudah mulai menjajakan dagangannya hingga waktu buka puasa.

Penulis : Erwan
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com