08 Agustus 2019 | Dilihat: 501 Kali
Biar Ada Peningkatan, Sekretaris Bappeda: APBDes Jangan Copas
noeh21
 

IJN - Subulussalam | Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Subulussalam, Baginda Nasution, SH, MM berharap kepada seluruh Kepala Desa agar membuat program kerja yang tepat dan bermanfaat kepada masyarakat di masing-masing Desa. Dan yang paling penting, jangan sampai ada program pembangunan copy paste dari desa lainnya.

Harapan tersebut disampaikan Baginda saat menyampaikan materi pada acara penyuluhan dan sosialisasi tentang hukum, narkoba dan Kamtibmas dalam mendukung pelaksanaan dana desa bagi aparatur kampung yang digelar di gedung serbaguna Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Kamis 8 Agustus 2019.

"Diharapkan jangan hanya mencopy paste program tahun lalu, diajukan kembali tahun depannya. Apalagi mencopy paste program desa lain sehingga ada kemiripan mata anggaran setiap tahunnya. Ini yang tidak bisa dilakukan dan yakin lah tidak akan ada perkembangan di desa itu sendiri " kata Baginda.

Menurut Baginda, jika mengacu pada Undang Undang No 6 tahun 2014, yaitu tentang perencanaan dana Desa, yang dimana sebelum di masukkan dalam APBDes terlebih dahulu harus ada dalam perencanaan Desa yang di susun sebelum tahun berjalan yaitu baik dari jasil Musrenbang tingkat Dusun, Desa maupun tingkat Kecamatan supaya jelas anggaran sesuai tingkatannya " dan penyusunan nya pun harus sesuai RPJM Desa dan RKP Desa yang sebelum tahun anggaran sudah di susun dengan baik dari aspirasi masyarakat dan perangkat Desa, dan di usulkan dari Kepala Desa untuk di bahas bersama dengan anggota BPK, untuk mendapat pengesahan dan di jadikan anggaran APBDes tahun berjalan " ungkap Baginda yang merupakan mantan Camat Sultan Daulat itu.

Baginda juga menyampaikan bahwa anggaran di APBDes di tahun sebelumnya ada yang di bolehkan dimasukkan setiap tahunnya selagi itu dianggap perlu. Begitu juga sebaliknya anggaran yang dianggap tidak perlu tidak perlu dimasukkan ke dalam APBDes selanjutnya. Selain itu, kata Baginda, anggaran Desa juga harus melihat dari visi dan misi Desa yang harus diselaraskan dengan visi misi pemerintah pusat yaitu Nawacita, dan juga dari Provinsi yaitu Aceh hebat, serta menyesuaikan dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Kota Subulussalam.

Acara penyuluhan tersebut dibuka Inspektur Inspektorat, Drs. H. Salbunis, M, AP dan diikuti Kepala Desa, bendahara dan Ketua BPK sebagai peserta. Turut hadir Kepala BPMK, Abdul Saman, SH, Kasat Intelkam Polres Aceh Singkil, AKP Adriamus, dan Kasatreskrim AKP Fauzi.

Penulis : AB
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com