15 Agustus 2019 | Dilihat: 197 Kali
Blanko Habis, Percetakan e-KTP Aceh Singkil Terhenti
noeh21
Sejumlah warga saat mengurus administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Untuk percetakan e-KTP di Kabupaten Aceh Singkil saat ini terpaksa terhenti, karena stok blangko dan tinta ribbon di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat habis. 
 
"Sehingga bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan nya, saat ini untuk percetakan nya tidak bisa dilayani," ucap Kepala Dinas Dukcapil Aceh Singkil, Yakub, kepada IJN, Kamis, 15 Agustus 2019, diruang kerjanya.
 
Dikatakan, sementara ini pihaknya hanya dapat melayani untuk perekaman KTP elektronik (e-KTP). Karena blangko e-KTP belum juga didistribusikan pemerintah pusat.
 
"Informasi nya kekosongan blangko e-KTP terjadi secara nasional. Karena stok yang yang ada dipusat saat ini sangat minim," ungkapnya.
 
Kadis Dukcapil mengatakan, kehabisan blangko e-KTP terjadi sejak sepekan lalu. Dan sampai saat ini pihaknya belum mendapat kiriman dari pusat.
 
Selain itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Singkil, saat ini juga kehabisan tinta ribbon untuk melakukan pencetakan e-KTP dan Kartu Indetitas Anak (KIA).
 
Namun, Yakub mengaku untuk tinta ribbon itu sudah dipesan oleh pihaknya melalui e-Katalog, di Jakarta yang saat ini sedang dalam perjalanan menuju Aceh Singkil.
 
"Insya Allah hari senin besok tinta tersebut sudah sampai dan ada," sebutnya.
 
Sementara, bagi puluhan masyarakat yang telah melakukan perekaman dan membutuhkan administrasi kependudukan nya, pihak Disdukcapil memberikan surat keterangan perekaman sambil menunggu e-KTP dicetak. "Kami memberikan Surat Keterangan kepada warga, sambil menunggu e-KTP dicetak," tutupnya.
 
Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com