14 Juni 2022 | Dilihat: 86 Kali
Bongkar Peredaran Narkoba, Petugas Rutan Rantau dan Polres Tapin Diberi Penghargaan
noeh21
 

IJN - Tapin | Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan penghargaan kepada 12 pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rantau yang berhasil mengungkap peredaran narkoba di dalam Rutan, Rabu (8/6) lalu. 
 
Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi. Selasa 14 Juni 2022.
 
Tak hanya itu, Penghargaan juga diberikan kepada Kepolisian Resor (Polres) Tapin yang telah membantu menyelidiki kasus tersebut. 
 
Selain itu, Lilik juga menindak tegas pelanggaran peredaran narkoba di dalam Rumah Tahanan dengan memberhentikan sementara seorang petugas berinisial M yang diduga terlibat dalam peredaran narkoba tersebut.
 
Sebelumnya, petugas berhasil mengamankan 13 bungkus plastik kecil berisi narkoba jenis sabu pada kegiatan razia yang dilakukan. Barang haram tersebut ditemukan di kamar nomor 9 milik narapidana berinisial MJ dan MT. Barang bukti dan pelaku kemudian diserahkan kepada Polres Tapin. 
 
Saat diinterogasi, kedua pelaku mengungkap keterlibatan dua petugas Rutan. 
 
Atas informasi tersebut, Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) segera melakukan pemeriksaan terhadap kedua petugas. Keduanya kemudian dibawa ke Polres Tapin untuk pemeriksaan lebih lanjut. 
 
“Berdasarkan hasil pemeriksaan tanggal 10 Juni di Polres Tapin, terhadap salah satu petugas berinisial M telah dilakukan penahanan,” ungkap Lilik. 
 
Adapun penyelidikan terhadap petugas terduga pelaku berinisial S masih berjalan. Untuk sementara ia ditarik untuk bertugas di Kanwil Kemenkumham Kalsel mulai Senin (13/06). 
 
Lilik menyebut, upaya ini merupakan bentuk komitmen Kemenkumham dan Pemasyarakatan dalam menyukseskan program nasional Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). 
 
“Kami akan tindak siapapun yang terlibat tanpa pandang bulu,” tegasnya. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com