02 September 2020 | Dilihat: 111 Kali
Bupati Aceh Singkil Jawab Pandangan Umum Dewan
noeh21
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid penyampaian pertanggungjawaban APBK 2019. Foto Erwan
 

IJN - Aceh Singkil | Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, menjawab pandangan umum Anggota DPRK terhadap Rancangan Qanun Pertanggungjawaban pelaksanaan APBK Setempat tahun 2019, dalam rapat paripurna yang digelar di gedung dewan, Rabu 2 September 2020.

Di dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRK Hasanuddin Aritonang didampingi Wakil Ketua, H.Amaliun, Bupati menyampaikan jawabannya terhadap masukan dan saran dari pandangan umum anggota dewan.

Terhadap sejumlah pandangan umum anggota dewan yang menyoroti keterlambatan penyampaian dokumen rancangan qanun pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja Kabupaten (APBK) Aceh Singkil tahun anggaran 2019, dipengaruhi dengan bertepatan perayaan hari-hari besar Nasional yaitu hari Raya Idul Fitri 1441 H dan efek berlakunya sistem kerja Work From Home (WFH) "Tim auditor BPK dalam melakukan pemeriksaan terinci akibat bencana non alam covid-19. 

Begitu pun seiring dengan BPK RI perwakilan Aceh menerbitkan opini atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Aceh Singkil pada 24 Juni 2020 lalu. 
Sehingga melalui Surat Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Raqan pertanggungjawaban pelaksanaan APBK Setempat tahun 2019 baru disamapaikan ke DPRK, 8 Juli 2020 lalu. 

Menurut Bupati, masih sangat rendah PAD Aceh Singkil, dipicu dengan masih ditemuinya ada beberapa kendala untuk meraih pendapatan daerah. 

Diantaranya, dengan masih minimnya sarana prasarana dalam peningkatan inovasi-inovasi atas dasar teknologi informasi, pendataan survei dan pengawasan terhadap pemungutan pajak daerah belum optimal dan beberapa kendala lainnya.

Rencananya kedepan Pemkab Aceh Singkil akan melakukan terobosan-terobosan untuk mendapatkan PAD. Seperti, pemutahiran data wajib pajak dan restribusi. 

Serta memberikan penghargaan berupa reward kepada wajib pajak yang patuh dan tepat waktu membayar pajak, ungkap Bupati.
Bupati juga menyampaikan tanggapan/ jawaban terhadap usulan, saran, dan  pandangan umum anggota DPRK Aceh Singkil lainnya.  

"Apabila masih ada hal–hal yang belum berkenan dan belum tepat terhadap tanggapan tersebut, kami selalu meluangkan waktu untuk Anggota Dewan di luar forum ini," tutup Bupati.

Penulis: Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com