19 Januari 2019 | Dilihat: 177 Kali
Hadapi Pemilu 2019
Bupati Simeulue Minta ASN Jaga Netralitas
noeh21
Dok: Humas Simeulue
 

IJN - Sinabang I Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom bersama unsur Forkopimda Simeulue menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah (Rakorpimda) konsolidasi persiapan tahapan pemilu serentak tahun 2019 mendatang, di Gedung serbaguna Kabupaten Simeulue, Sabtu (19/1).

Rapat koordinasi yang digelar di Gedung serbaguna itu turut dihadiri Ketua KIP Aceh, Komisioner KIP Aceh, Para Kepala SKPK, Para Camat dan seluruh Kepala Desa dalam Wilayah Kabupaten Simeulue.

Rakorpimda ini digelar dengan tujuan pelaksanaan pemilu damai di Kabupaten Simeulue, hal ini disampaikan Bupati Simeulue dalam arahannya.

Bupati mengatakan, Pada hari yang berbahagia ini, kita bersama-sama akan membahas dan membulatkan tekad untuk mengulang kembali sejarah sukses pemilu damai di Kabupaten Simeulue. Kepada semua pihak, mulai dari peserta pemilu, tim sukses, pihak keamanan dan warga masyarakat diharapkan dapat mengambil bagian. 

Pemilu Iangsung untuk memilih presiden dan anggota DPR adalah refleksi kedaulatan rakyat, yang juga dirayakan sebagai pesta demokrasi rakyat. Maka, implementasi kedaulatan rakyat itu, harus diwujudkan dalam suasana penuh kegembiraan dan memberi kebebasan seluas-luasnya bagi setiap pemilih untuk menentukan pilihannya. Tentu saja, suasana pesta demokrasi yang menggembirakan itu bisa terlaksana, jika semua elemen masyarakat mampu mewujudkan suasana kondusif, "ucap Bupati.

Erli menambahkan" Pemilu dengan agenda pemilihan Presiden dan pemilihan anggota legislatif akan menghadirkan konsekuensi berupa perbedaan pilihan, namun adat budaya kita di Simeulue, sudah mengajarkan bahwa beda pilihan bukanlah sebuah masalah yang harus diperdebatkan atau dipertentangkan. Berbeda pilihan adalah merupakan sebuah hal yang sah dan harus diterima sebagai sebuah keniscayaan, karena setiap orang akan selalu punya cara pandang dan penilaian yang tidak sama dengan orang Iain, termasuk dengan rekan dan keluarga. Namun yang perlu diingat ada|ah, beda pilihan tidak boleh merusak kondusifltas dan tujuan utama kita untuk menyukseskan pemilu damai di Kabupaten Simeulue. 

Bupati menghimbau kepada para Aparatur Sipil Negara yang berdinas dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Simeulue, untuk tetap menjaga netralitas politik dalam penyelenggaraan pemilu yang akan datang. Silahkan sosialisasikan gerakan pemilu damai dan gunakan hak pilih pada waktunya, namun jangan terlibat dan memihak kepentingan politik siapapun atau partai manapun, karena ada sanksi yang telah ditetapkan apabila dilanggar oleh para PNS atau Aparatur Sipil Negara. 

"Saya menghimbau kepada seluruh Partai , timses dan caleg peserta pemilu untuk dapat melaksanakan seluruh rangkaian pemilihan dengan baik dan tertib, Usung dan junjung tinggi sportifitas, dengan tidak melaksanakan kecurangan dan kampanye hitam. Semoga sejarah pemilu damai yang pernah sukses terlaksana di Kabupaten Simeulue dapat kembali terulang dengan lebih sukses dari sebelumnya, tambah Erli. 

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin, khususnya kepada jajaran KIP Simeulue dan seluruh panitia yang bertugas. dan juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri Serta jajaran KIP, KPU dan Panwaslu, semoga dapat bertugas dengan sebaik-baiknya dalam mengemban tugas negara untuk mengamankan dan mensukseskan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Simeulue. ( Ril).
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com