30 Januari 2020 | Dilihat: 309 Kali
Bupati Tegaskan Keuchik Tidak Gunakan ADD Sesuka Hati
noeh21
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid saat memberikan selamat kepada Keuchik terpilih.
 

IJN - Aceh Singkil | Terkait dengan penggelolaan Anggaran yang digelontorkan pemerintah, Bupati Kabupaten Aceh Singkil, Dulmusrid menegaskan kepada seluruh Kepala Kampung setempat, agar menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tepat sasaran, tidak sesuka hati.
 
"Jangan sampai dengan adanya dana desa dapat menimbulkan kegaduhan di desa, dan melanggar aturan yang ada. Kalau ada Keuchik yang menganggkangi aturan dalam penggunaan ADD dan DD tanggung jawab sendiri," tegas Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, saat melantik puluhan Keuchik terpilih, Selasa kemarin, 28 Januari 2020.
 
Karena sesungguhnya dana desa itu anggaran yang dikucurkan Pemerintah yang penggelolaannya ada aturannya. Bukan sesuka hati.
 
Dikatakan, sesuai dengam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Aceh Singkil terhadap penggelolaan dana desa setempat tahun lalu, dari 116 Desa yang ada di daerah setempat semuanya ada temuan.
 
Ironisnya, meski temuannya bervariasi, ada Desa yang hingga kini belum mengembalikan temuan kerugian negara.
 
"Untuk itu, Keuchik yang belum mengembalikan temuan, agar segera mengambil langkah dengan mengembalikan kerugian negara tersebut," ujar Bupati.
 
Dengan begitu ditegaskan, kepada para Kepala Kampung, agar menggunakan dana desa sesuai aturan yang ada. "Saya tidak akan membantu dan tebang pilih Kepala Kampung yang menggunakan dana desa dijalan yang salah," tegas Bupati.
 
Hal senada dikatakan Kajari Aceh Singkil, Amrizal Tahar, untuk pengelolaan dana desa yang merupakan uang negara tidak boleh sesuka hati sang Kepala Kampung.
 
"Gunakanlah keuangan dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Amrizal.
 
Dengan begitu diharapkan, agar dalam penggelolaan dana desa tahun ini saat di monev tahun depan dapat nihil tidak temuan seperti tahun lalu.
 
"Maka diminta kepada para Kepala Kampung di Kabupaten Aceh Singkil, dalam menggelola Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKamp) mengikuti aturan yang ada," harap Kajari.
 
Penulis : Erwan
Editor    : Mhd Fahmi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com