15 Agustus 2023 | Dilihat: 120 Kali
Camping Ground dan Lomba Mancing Ramaikan Anoi Itam Village Festival
noeh21
Camping Ground, lomba mancing dan beragam atraksi wisata lainnya disajikan pada Anoi Itam Village Festival dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang Ke 78. Foto. Istimewa
 

IJN - Sabang | Camping Ground, lomba mancing dan beragam atraksi wisata lainnya disajikan pada Anoi Itam Village Festival dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang Ke 78.
 
Event yang diselenggarakan di Gampong Anoi Itam Kecamatan Sukajaya ini berlangsung mulai dari tanggal 14-16 Agustus 2023.
 
Keuchik Gampong Anoi Itam, Khairuddin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pihaknya untuk mengembangkan potensi wisata di gampong tersebut juga untuk meningkatkan nasionalisme, silaturrahmi dan merawat seni serta budaya daerah.
 
Dengan mengusung tema Sunrise Land Of Sabang dikemas dengan beragam kegiatan yakni camping ground, tarian opening piasan melaot, peluncuran logo wisata Gampong Anoi Itam, festival ikan bakar, lomba masak kuah engkot peuaweh, toet apam, lomba mancing ikan, kenduri laot, zikir dan doa bersama.
 
“Kita buat dihari pertama toet apam, hari kedua lomba mancing dan lomba masak kuah engkot peuaweh. Kemudian dihari ketiga sekaligus penutupan agar lebih meriah kita berkolaborasi dengan anggota Lembaga nelayan untuk selenggarakan Khanduri laot atau kuah beulangong,” ujar Khairuddin, Selasa 15 April 2023.
 
Sementara itu, Pj Walikota Sabang Drs. Reza Fahlevi sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Gampong Anoi Itam tersebut.

Ia berharap kedepannya seluruh gampong di Kota Sabang dapat menyelenggarakan kegiatan yang sama agar dapat melestarikan adat dan budaya, serta untuk menarik kunjungan wisatawan datang ke Kota Sabang.
 
“Kolaborasi dari masyarakat Anoi Itam, ini adalah ide dari mereka sendiri mengembangkan desanya sebagai salah satu destinasi wisata, selain membenahi tempatnya, menyelenggarakan event, memamerkan dan memasarkan seluruh hasil atau produk dari UMKM. Jadi ini sangat bagus sekali, semoga dapat menjadi contoh untuk gampong lain yang ada di Sabang,” kata Reza.
 
Selain menampilkan beragam kegiatan menarik, dalam event Anoi Itam Village Festival ini pihak penyelenggara juga menampilkan pameran produk unggulan Gampong, juga ikut serta bazar dari IPEMI Sabang, Dekranasda Sabang serta dimeriahkan juga stand dari DKP Provinsi Aceh.


Penulis: IIN
Editor: Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com