04 Oktober 2018 | Dilihat: 306 Kali
Celaka, Limbah PT. Socfindo Bocor
noeh21
Tanggul Kolam Penampungan Limbah Perusahaan Kebun Kelapa Sawit PT.Socfindo, Aceh Singkil, Saat Jebol.
 

IJN | Aceh Singkil -- Celaka, tanggul kolam penampungan pengolahan limbah Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT. Socfindo, Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, jebol. Diduga, dengan kebocoran limbah perusahaan kelapa sawit tersebut, baru-baru ini,  mengalir dan mencemari lingkungan sungai Lae Cinendang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Aceh Singkil, Nazri, SE, kepada wartawan, Selasa, 2/10/2018 kemarin, membenarkan adanya laporan kebocoran limbah perusahaan kebun kelapa sawit, PT.Socfindo.

Dengan adanya laporan tersebut, Nazri mengaku telah memerintahkan pihaknya bersama Tim Dinas Lingkungan Hidup Aceh Singkil langsung terjun kelokasi untuk melihat dan mengambil sampel dari kebocoran limbah itu.

Selanjutnya pihaknya membawa sampel  tersebut ke laboratorium yang telah terakreditasi di Medan, untuk diketahui apakah ada terjadi pencemaran atau tidak dari kebocoran limbah itu, ucap Nazli.

Diharapkan, agar hasil dari uji laboratorium terhadap sampel limbah tersebut dapat secepatnya keluar. Sehingga diketahui, akibat dari limbah itu terjadinya pencemaran lingkungan atau tidak, harap Nazri.

Begitu juga Pemkab Aceh Singkil melalui Dinas Lingkungan Hidup, akan mempertanyakan kepada PT.Socfindo mengapa tanggul kolam penampungan limbah tersebut bisa jebol, ujar Nazri.

Sementara, KTU PT. Socfindo, Sungkowo, saat ditemui wartawan, Rabu, 3/10/2018, diruang kerjanya, enggan memberikan keterangan terkait dengan jebolnya tanggul kolam penampungan limbah perusahaan itu.

Sungkowo berkilah, kalau berwenang memberikan keterangan terhadap hal tersebut, Teknik 1 PT.Socfindo yang sedang tidak berada ditempat.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun IJN,  jebolnya tanggul kolam penampungan limbah PT. Socfindo, terjadi Minggu, 30/9/2018, sekira pukul 01.00 wib, dini hari, diduga karena tak kuat menahan debit air limbah akibat hujan lebat. Sehingga limbah mengalir dan mencemari ke sungai Lae Cinendang, Kecamatan Gunung Meriah.

Sesuai dari berita acara yang diterima wartawan, PT.Socfindo baru melakukan penutupan terjadap tanggul kolam penampungan limbah yang jebol tersebut, pagi Minggu,  pukul 08.00 wib. (Erwan)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com