16 Maret 2020 | Dilihat: 249 Kali
Dampak Virus Corona, Mulai Selasa Besok Sekolah di Aceh Singkil Diliburkan
noeh21
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Khalilullah, saat ditemui diruang kerjanya.
 

IJN - Aceh Singkil | Terkait untuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) yang sudah sangat memprihatinkan. Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil mulai Selasa, 17 sampei dengan 28 Maret 2020, menghentikan proses belajar mengajar (PBM) disekolah dan mengalihkannya ke rumah.
 
"Sesuai dengan edaran Gubernur Aceh, sebenarnya konsepnya bukan instruksi libur belajar, tapi proses belajar mengajar siswa yang selama ini di sekolah, dialihkan ke rumah," ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Khalilullah, kepada IJN, Senin, 16 Maret 2020.
 
Meski surat himbauan Bupati Aceh Singkil belum disampaikan ke sekolah-sekolah. Namun, pihak Disdikbud sudah menginstruksikan kepada para dewan guru memberikan tugas khusus, bahan-bahan buku kepada siswa sekolah melakukan proses belajar mengajar dirumahnya masing-masing.
 
Terkait surat himbauan Bupati Aceh Singkil, Khalilullah menjelaskan, belum disampaikan surat edaran Kepala Daerah Aceh Singkil kepada sekolah-sekolah, lembaga pendidikan sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat, Provinsi Aceh, untuk pencegahan dini virus corona, karena Bupati setempat, Dulmusrid, lagi sedang melaksanakan perjalanan Dinas Luar.
 
Namun, dari hasil kordinasi Disdikbud dengan pihak terkait draf surat edaran tersebut sudah selesai, hanya tinggal menunggu tanda tangan dari Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, yang sedang berada diluar daerah.
 
Disamping itu, selain adanya surat edaran, pihak Disdikbud Aceh Singkil terus memberikan intruksi kepada Kepala Sekolah dan dewan guru, melalui chatingan group WhatsApp melakukan pemantauan siswa melakukan proses belajar di rumah.
 
Sehingga, disaat siswa kembali masuk sekolah, pihak dewan guru dapat menagih dan melihat sejauh mana capaian tugas yang diberikan kepada siswa selama melakukan proses belajar mengajar dirumahnya.
 
Diharapkan, selama proses belajar mengajar siswa di rumah, peran serta orang tua mendampingi anaknya belajar sangat perlu. Sehingga target kurikulum yang ingin dicapai dapat tercapai.
 
Sementara itu, untuk pelaksanaan manajemen sekolah tetap berjalan. Karena yang dipindahkan proses belajar mengajar hanya siswa dari ruang kelas sekolah kerumahnya. Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional, hingga saat ini belum ada instruksi perubahan jadwal yang sebelumnya sudah ditetapkan.
 
"Dengan kondisi saat ini, dihimbau kepada guru, siswa sekolah untuk tidak banyak melakukan aktivitas diluar rumah. Apalagi melakukan perjalanan keluar kota," tandas Khalilullah.
 
Penulis : Erwan
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com