24 Desember 2019 | Dilihat: 471 Kali
Darwin: Kehadiran Plt Gubernur Aceh Ke Medco Hanya Pencitraan
noeh21
Darwin Eng
 

IJN - Aceh Timur | Kehadiran Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah ke lokasi Central Prosesing Plan (CPP) Medco E&P Malaka senin (23/12) kemarin, menuai kritikan dan kecaman dari Aktivis dan masyarakat.
 
Kehadiran Gubernur Aceh dinilai bukan membawa solusi tapi menumbuhkan luka baru di hati masyarakat lingkar tambang,
 
Hal itu di sampaikan Aktivis dan Pegiat Sosial Aceh, Darwin Eng kepada media ini, Selasa, 24 Desember 2019 mengatakan, bahwa kehadiran Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dinilai seolah-olah di politisir oleh pihak perusahaan migas yang beroperasi di Kecamatan Indra Makmu sejak tahun 2012 tersebut.
 
"Banyak kecaman dari masyarakat lingkar tambang atas kehadiran Plt karena tak bermanfaat bagi masyarakat lingkar dan terkesan lebih berpihak kepada perusahaan," ujar Darwin.
 
Seharusnya, kata Darwin, kehadiran orang berkuasa nomor satu di Aceh dapat memberikan solusi dan obat bagi masyarakat bukan menambah luka baru.
 
Darwin menambahkan, masyarakat dapat menilai kehadiran Plt seolah-olah menjadikan perusahaan tersebut sudah beres dengan masalah di lingkar tambang, apalagi belakangan ini perusahaan tersebut mendapat penghargaan PADMA dari Pemerintah Aceh.
 
"Perusahaan jangan membenturkan kenyataan dengan pecitraan yang mereka bangga-banggakankan selama ini,
banyak masyarakat mengharapkan Plt juga mengunjungi masyarakat untuk berdiskusi dan Plt bisa melihat langsung kondisi lingkar tambang yang sangat miris," kecam Darwin.
"Bukan malah menipu Plt dengan menampilkan semua pencitraan mereka," terang Darwin.
 
Lebih lanjut Darwin juga merupakan putra asli Indra Makmu mengungkapkan, "Jalan kami hancur lebur kenapa Plt tidak dibawa melalui jalan lintas Kecamatan, Pengangguran dan kemiskinan di mana-mana, kenapa Plt tidak sekalian turun melihat kondisi kami di lingkar tambang," ungkapnya.
 
"Padahal masyarakat lingkar tambang sangat mengharapkan ada pemerintah yang turun langsung ke masyarakat bukan hanya mendengar dan melihat realita yg di tampilkan oleh perusahaan count dracula Aceh tersebut," ujar Darwin degan nada kesal.
 
Darwin mengharapkan kehadiran Plt dapat merubah keadaan lingkar tambang saat ini, yang berbanding terbalik dari dulu sebelum PT. Medco hadir di lingkar tambang.
 
"Saya berharap pihak perusahaan jangan menjadi count dracula yang cuma menghisap hasil lingkar tambang, tapi mereka juga dapat menghadirkan kebahagiaan pada masyarakat, mengurangi kemiskinan dan pengangguran bukan sebaliknya menjadi petaka bagi masyarakat," papar Darwin.
 
"Kalau memang kondisi lingkar tambang lebih parah, lebih baik perusahaan angkat kaki dari Indra Makmu jangan malah bercita-cita mau menjadi arun jilid 2," tutup Darwin.
 
Penulis : Mhd Fahmi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com