23 Januari 2023 | Dilihat: 483 Kali
Desa Cot Tufah Terendam Banjir, Warga Harap Tanggul Krueng Lubue Segera Diperbaiki
noeh21
Rumah warga yang terendam banjir akibat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Foto. Luqmanul Hakim/IJN
 

IJN - Bireuen | Hujan deras yang menguyur Kabupaten Bireuen selama dua hari terakhir membuat debit air sungai meluap, sehingga mengakibatkan jebolnya tanggul sungai Krueng luebue. Senin 23 Januari 2023.
 
Keuchik Desa (Kades) Cot Tufah Asnawi mengatakan, tanggul krueng yang jebol tersebut baru selesai diperbaiki pekan lalu. Namun debit air yang begitu deras tidak sanggup menahan, sehingga air meluap dan merendam pemukiman warga.
 
"Ketinggian genangan air saat ini mencapai lutut orang dewasa atau mencapai 40 cm, sampai sekarang air masih terus bertambah masuk ke perkampungan warga,"kata Keuchik Asnawi.
 
Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Keuchik Asnawi telah menginstruksikan kepada masyarakat Desa Cot Tufah untuk mengungsi di tempat aman yang telah disediakan oleh pihak gampong setempat.
 
"Masyarakat Desa Cot Tufah sangat berharap bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki tanggul krueng lubue yang jebol agar bisa di perbaiki kembali, karena masyarakat kerap gagal panen saat musim sawah tiba,"jelasnya.
 
Dia merincikan, ada kurang lebih 55 Hektar sawah di desa Cot Tufah dan sekitarnya terendam banjir, bahkan terancam gagal panen. 
 
Tak hanya itu, jalan penghubung Desa Cot Tufah dan Lubue Mee yang merupakan jalan alternatif utama masyarakat rusak parah akibat hantaman air yang masih terus bertambah.
 
 
 
Penulis: Luqmanul Hakim
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com