08 Juni 2019 | Dilihat: 411 Kali
Desa Selok Aceh, Singkil Belum Pasang Baliho ADD 2019
noeh21
Tampak dilokasi Kantor Kepala Desa Selok Aceh, salah satu Kampung di Kecamatan Singkil, belum ada terpasang baliho Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019.
 

IJN - Aceh Singkil | Meski pencairan anggaran dana desa (ADD) tahap I tahun 2019 ini sudah dicairkan oleh Pemkab Aceh Singkil melalui Kantor Badan Penggelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK), namun Kampung Selok Aceh, Singkil, belum ada terlihat memasang baliho ADD.

Dari pantauan IJN, Sabtu, 8 Juni 2019, diKampung Selok Aceh, Kecamatan Singkil, tidak ada terlihat terpasang baliho Alokasi Dana Desanya (ADD) tahun 2019 diarea Kantor Kampung setempat.

Padahal informasinya Menteri Desa sudah menginstruksikan agar para Kepala Desa mewajibkan tiap desa memampangkan baliho yang memuat rencana sampai realisasi dana desa.  

Tidak hanya Kampung Selok Aceh, di beberapa desa di Kecamatan Singkil banyak juga Pemerintah Desanya belum memasang baliho ADD tahun 2019.

Menurut Ketua LSM di Aceh Singkil, Razaliardi Manik mengatakan, sesuai Permendagri No 113/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 40 ayat 1, tentang Laporan Realisasi dan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa.

"Sebagaimana dimaksud dalam pasal 37 dan 38 diinformasikan kepada masyarakat secara tertulis dan dengan media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat," jelasnya. 

Jika kepala desa tak juga mengindahkan kewajiban ini, pihaknya berharap pemerintah harus menindak tegas dan memberikan sanksi.

“Jangan hanya gertak sambal saja, sebab diduga dana desa cukup banyak bermasalah saat ini diAceh Singkil,” tukasnya.

Sementara Camat Singkil, Safrizal, saat dihubungi melalui pesan WhatsAppnya, berjanji dalam waktu dekat ini segera memberitahukan kepada para Kepala Desa dan menanyakan mengapa belum memasang baliho ADD dimasing - masing desa yang belum tetpasang.

Sedangkan Pj.Kepala Kampung Selok Aceh, Zulkifli setelah dihubungi beberapa kali melalui telepon selulerny tidak memberikan jawaban. Malah sang Kepala Desa berdalih lagi dijalan hendak Ke Subulussalam.

Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com