02 Maret 2019 | Dilihat: 784 Kali
Destinasi Wisata Batu Alafan Kian Bersolek
noeh21
Gambar Pondok di Tempat Wisata Batu Alafan
 

IJN - Simeulue I Destinasi pariwisata di Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue kian bersolek, pembangunan di lokasi tersebut terus dikembangkan untuk menjadi salah satu sasaran masyarakat untuk berkunjung ke Batu Alafan.

Peresmian tempat wisata sekaligus penyerahan gedung dan pondok yang dikelola masyarakat setempat oleh Bupati Simeulue, H. Erli Hasyim, SH, S. Ag, M. I.Kom di lokasi wisata Batu Alafan, Sabtu 02 Maret 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Simeulue, Abdul Karim, S.Pd  mengatakan bahwa pembangunan wisata di Batu Alafan bersumber dari dana Dana Otonomi Khusus ​​​Aceh (DOKA) tahun 2018, sementara untuk penataan lokasi wisata batu Alafan akan terus dilanjutkan pada tahun ini seperti pembangunan tempat ibadah di lokasi wisata.

"Aset yang diberikan Pemda Simeulue nantinya dikelola oleh masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat, pengembangan pariwisata harus didukung berbagai instansi untuk mendukung peningkatan," kata Abdul Karim.

Dirinya meminta adanya peran dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk meningkatkan fasiltas jalan menuju ke tempat destinasi wisata.

Peningkatan jaringan telekomunikasi juga diharapkan bisa segera diatasi oleh Pemda Simeulue melalui Dinas Komunikasi Informasi Telekomunikasi, sehingga seluruh wilayah Simeulue bisa terhubung telekomunikasi yang menjadi pendorong majunya kepariwisataan di Simeulue.

Menurut Kadis Pariwisata Simeulue itu bahwa ada beberapa unsur untuk mendukung peningkatan pariwisata yakni sarana pendukung utama seperti fasiltas MCK, tempat ibadah, adanya masyarakat yang berkontribusi menjadi pemeran untuk pariwisata serta adanya transportasi yang memadai sehingga pariwisata Simeulue akan bisa dipromosikan ke luar daerah.

Sementara Bupati Simeulue, Erli Hasyim mengungkapkan ini merupakan sejarah baru peningkatan pembangunan destinasi wisata di Kecamatan Alafan, Batu Alafan kedepan diharapkan menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan wisatawan baik dalam negeri maupun dari mancanegara.

"Pemerintah Kabupaten Simeulue sangat konsentrasi meningkatkan pembangunan pada bidang pariwisata, diharapkan Batu Alafan bisa menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah namun tidak meninggalkan dan tetap mempertahankan budaya di daerahnya sendiri," kata Erli.

Pemerataan pembangunan destinasi pariwisata tidak hanya dilakukan di Batu Alafan namun juga akan dilakukan di beberapa lokasi yang memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan.

Beberap saat lalu di Kementerian Pariwisata, bahwa Simeulue menjadi lokasi ke empat destinasi surfing yang sudah dilirik berbagai negara seperti negara Australia, untuk di Aceh sendiri Pulau Simeulue menjadi satu satunya lokasi berselancar yang sangat indah.

Bupati Simeulue berpesan agar masyarakat setempat menjadikan pantai di Batu Alafan sebagai tempat rekreasi untuk menimbulkan ide ide baru dan menjaga kelestarian batu Alafan tetap mempertahankan keaslian wisata di lokasi tersebut.
 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com