30 Mei 2020 | Dilihat: 200 Kali
Dinkes Abdya Rapid Test 27 Warga, Hasil Negatif
noeh21
Petugas Medis usai melakukan uji swab dan rapid test (foto: Heri Purwanto/indojayanews.com)
 

IJN - Abdya | Sebanyak 9 orang warga Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya menjalani pemeriksaan tes swab corona dari Dinas Kesehatan setempat, Sabtu, 30 Mei 2020.
 
Pemeriksaan tersebut dilakukan pasca diterimanya laporan yang menyatakan I (pria/38) wiraswasta, warga Abdya domisili Banda Aceh, sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, pada Kamis (28/5) kemarin.
 
Kadinkes Abdya Safliati, S.ST., M.Kes kepada wartawan mengatakan, 9 orang tersebut tercatat sebagai isteri, anak, ipar dan mertua I. Disamping melakukan uji swab pihaknya juga melakukan pemeriksaan rapid test terhadap 27 orang yang pernah berkontak langsung dengan OTG, di antaranya saudara, tetangga dan kerabat I.
 
"Hasil pemeriksaan rapid test Alhamdulillah semuanya Negatif. Sementara untuk hasil swab, belum bisa kita pastikan. Tunggu dari hasil Lab Balitbangkes Aceh. Sample swab akan segera kita kirim hari ini juga," ungkapnya.
 
Safliati mengumumkan, bagi warga yang pernah kontak dengan terduga, dan belum menjalani rapid test agar segera melaporkan diri ke jajarannya. Ia menegaskan bagi warga yang baru melakukan riwayat perjalanan baik dalam maupun luar Aceh, secara sadar melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing, minimal selama 2 minggu.

"Terakhir, tetap waspada jangan panik. Ikuti protokol kesehatan. Bila mengalami keluhan sakit seperti demam tinggi, sesak dan lainnya jangan ragu untuk melapor dan berobat," tandasnya.
 
Dari informasi yang dihimpun, sebelumnya I berserta keluarga kembali dari Jakarta pada Desember 2019. I berprofesi sebagai kontraktor dan menetap di Banda Aceh. Sekitar tanggal 24-25 Mei 2020 I beserta keluarga melakukan perjalanan ke Pidie dan Abdya. Usai silaturahmi lebaran di Abdya I kemudian meninggalkan anak isteri di tempat mertua, di Kecamatan Susoh, dan kembali ke Banda Aceh melalui Medan. I berniat kembali pergi ke Jakarta dan melakukan pengurusan SIKM dengan melakukan uji swab. Dari hasil swab itu I diketahui terpapar virus corona dan digolongan sebagai OTG.
 
Penulis : Heri Purwanto
Editor    : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com