18 Juni 2019 | Dilihat: 193 Kali
Dinsos Aceh Latsar Puluhan Penyuluh Sosial Masyarakat Aceh Singkil
noeh21
30 penyuluh sosial masyarakat dari Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, mengikuti pelatihan dasar, di aula Island Hotel, Singkil. Foto Erwan
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya untuk memberikan pembekalan pemahaman di Lapangan, Dinas Sosial Aceh, mengelar pelatihan dasar (Latsar) kepada puluhan relawan penyuluh sosial masyarakat Kabupaten Aceh Singkil, Selasa 18 Juni 2019, di aula Island Hotel, Singkil.

Dalam kegiatan yang dibuka Kadis Sosial Aceh, diwakili Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah, Abdul Jabar, S.Sos, diikuti 30 penyuluh sosial masyarakat dari Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

Panitia Pelaksana, Sarifuddin S.Sos, mengatakan, dalam kegiatan yang perdana dilaksanakan dalam Provinsi Aceh itu, pihak Dinas Sosial menghadirkan nara sumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraaan Sosial (BBPPKS) regional 1 Padang.

Informasinya saat membuka kegiatan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah, Dinas Sosial Aceh, Abdul Jabar, S.Sos menyampaikan, kegiatan penyuluhan sosial masyarakat itu merupakan pilot projec pertama.

"Apabila kegiatan tersebut berhasil, maka kemungkinan besar akan dilanjutkan kedaerah kecamatan lainnya," ucap Sarifuddin.

Dengan dilaksanakannya pelatihan dasar tersebut, para penyuluh sosial masyarakat diharap, nantinya berani mengangkat segala isu-isu perkembangan kesejahteraan sosial diKabupaten Aceh Singkil, khususnya di Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meriah, yang selama ini tidak ter exspos dan dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya kehidupan sosial.

Diantaranya, terkait dengan bahaya narkoba, pelecehan seksual, anak terlantar, dan kekerasan terhadap anak, kekerasan dalam rumah tangga, dan isu tentang pekerja sosial komersial (PSK), serta masalah sosial lainnya.

Karena selama ini banyak anak-anak terlantar akibat terjadinya permasalah dalam keluarga dan rumah tangga mereka,ujar Sarifuddin.

"Sedangkan untuk pelaksanaan program kegiatan dari pusat itu, bersumber dari anggaran Dikon APBN tahun 2019," pungkasnya.

Penulis : Erwan
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com