25 Juli 2019 | Dilihat: 326 Kali
Disinyalir Ribuan Penduduk Aceh Singkil Masih Ber-KTP Luar
noeh21
Asisten Administrasi Umum, Setdakab Aceh Singkil, Safitri Dharma, membuka sosialisasi kebijakan kependudukan pencatatan sipil, digedung Pemuda Pasar, Singkil, Kamis (25/7/2019) foto (Indojayanews.com/Erwan).
 

IJN - Aceh Singkil | Seperti dipahami data kependudukan banyak digunakan dalam mengavaluasi berbagai program pembangunan.
 
Namun, disinyalir ribuan warga yang datang berdomisili mencari nafkah ke Aceh Singkil masih ber KTP luar daerah, ucap Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Safitri Dharma, saat membuka sosialisasi kebijakan kependudukan pencatatan sipil, Kamis, 25 Juli 2019, digedung Pemuda Pasar, Singkil.
 
Padahal sesuai dengan tema sosialisasi, Dengan data kependudukan yang validdan terintegritas, menentukan kebijakan arah pembangunan negeri.
 
"Seluruh lapisan masyarakat, baik pejabat, maupun ASN yang saat ini berdomisili di Aceh Singkil, masih menggunakan kartu tanda penduduk luar untuk segera mengganti dengan KTP Aceh Singkil," tegasnya Asisten Administrasi Umum, Safitri Dharma.
 
"Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap dana alokasi umum (DAU) Kabupaten Aceh Singkil, yang salah satu syaratnya dihitung berdasarkan jumlah penduduk suatu daerah," jelasnya.
 
Safitri menambahkan, sangat tidak etis, mencari nafkah dan bekerja di Aceh Singkil, tetapi saudara/saudari tidak berkontribusi untuk daerah tempat anda menyambung hidup.
 
"Hal tersebut terlihat secara administrasi kependudukan disinyalir tercatat ribuan masyarakat berdomisili di Aceh Singkil, tetapi KTPnya bukan penduduk Aceh Singkil," ujarnya.
 
Dengan begitu, Safitri mengharapkan kepada seluruh pejabat dan ASN jajaran Pemkab Aceh Singkil, yang belum mengurus perpindahannya dapat segera melakukan perpindahannya kedaerah setempat.
 
"Begitu juga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Aceh Singkil, agar segera melakukan pendataan yang akurat," harapnya.
 
Kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan pencatatan sipil dan penggunaan kartu indetitas anak serta penerapan tanda tangan elektronik pada dokumen kependudukan dan catatan sipil, dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, diikuti pihak Kecamatan, Kepala Kampung dalam Kabupaten Aceh Singkil, serta undangan lainnya.
 
Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com