29 November 2023 | Dilihat: 264 Kali
Diskop UKM Aceh Raih Penghargaan Kinerja Terbaik
noeh21
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Menkop UKM), Drs, Teten Masduki, saat menyerahkan penghargaan kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi, pada giat “Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022” yang digelar Kamis 23 November 2023, di Hotel Merusaka Kawasan Wisata Nusa Dua Lot S-3 Kecamatan Kuta Sel, Kabupaten Badung, Nusa Dua, Provinsi Bali. (Foto : Dok. Diskop dan UKM Aceh)
 

IJN - Banda Aceh | Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Aceh, kembali mengukir prestasi di level Nasional. Kali ini, SKPA Achmad Marzuki yang dinahkodai Azhari, S.Ag, M.Si, berhasil meraih penghargaan atas kinerja terbaik ke-4 tingkat Provinsi.

Penganugerahan itu diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Menkop UKM), Drs, Teten Masduki dalam giat “Pendataan Lengkap UMKM Tahun 2022” yang digelar Kamis 23 November 2023, di Hotel Merusaka Kawasan Wisata Nusa Dua Lot S-3 Kecamatan Kuta Sel, Kabupaten Badung, Nusa Dua, Provinsi Bali.

Kegiatan yang dirangkai dalam rangka rakornas pemanfaatan hasil pendataan lengkap KUMKM Tahun 2022 di Nusa Dua Bali yang dibuka langsung Menkop UKM Drs. Teten Masduki dan serta launching aplikasi PL KUMKM dari Kemenkop UKM.

Sementara Kemenkop UKM, Teten Masduki menyampaikan di era yang serba dinamis seperti sekarang, pihaknya harus mulai mendesain berbagai kebijakan yang berbasis dari riset dan data, agar tercipta program yang adaptif tepat sasaran.

"Saya bersyukur, pada tahun 2022 lalu KemenKopUKM berhasil melakukan pendataan lengkap koperasi dan UMKM, di mana telah terkumpul 9,11 juta usaha di Indonesia dengan kriteria usaha non pertanian dan menetap, yang terdiri dari 9,09 juta UMKM dan 20.000 koperasi," kata Teten Masduki.

Teten Masduki mengatakan, data-data ini akan mempermudah Pemerintah dalam menyusun program pemberdayaan UMKM, baik untuk mengembangkan SDM, menumbuhkembangkan usaha potensial, hingga menjadikan UMKM di tanah air memiliki daya saing di kancah global.
 
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Menkop UKM), Drs, Teten Masduki, foto bersama.

Kepala Dinas Koperasi UKM Aceh, Aceh Azhari, S.Ag, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) kelembagaan koperasi, T. Kamaluddin, SE, M.Si, dalam keterangannya, Rabu, 29 November 2023, mengaku bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih Diskop Aceh dari KemenKop UKM.

"Tentu kita menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Kemenkop UKM yang telah memberikan penghargaan tersebut dan kita (Diskop UKM Aceh) terus mensuport serta kepada tujuh Kabupaten/Kota se-Aceh yang terpilih merupakan pendataan terbaik dan telah bekerja keras. Ini tidak lepas dari peran semua pihak terkait dalam membantu menyukseskan, sehingga Diskop UKM Aceh meraih penghargaan ini," ujarnya. 

“Penghargaan ini juga atas kerja sama semua tim di Dinas Koperasi, serta atas kerja keras dari petugas pendata (enumerator) dari tujuh Kabupaten/Kota yang terpilih dan pihak-pihak terkait, sehingga Diskop UKM Aceh mendapatkan penghargaan,” tambah Kamaluddin.

Menurutnya, kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari seluruh dinas yang membidangi koperasi dan UKM di 34 provinsi di Indonesia dan 240 Kabupaten atau Kota terpilih Cakupan Pendataan Lengkap KUMKM 2022. Dalam kegiatan ini, sebanyak 7 provinsi mendapatkan penghargaan pendataan KUMKM terbaik yaitu DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, dan Bali. Sementara itu, kabupaten atau kota terbaik pendataan KUMKM adalah Jakarta Barat, Bone, Asahan, Padang, Banda Aceh, dan Pandeglang.

Ia melanjutkan, untuk tingkat Kabupaten/Kota di Aceh terpilih dalam PL KUMKM 2022, Kota Banda Aceh menempati peringkat ke 5 dari 240 Kabupaten Kota di Indonesia. "Alhamdulillah kota Banda Aceh meraih penghargaan tingkat Kabupaten Kota dari Kemenkop UKM RI yang diterima langsung oleh Kadiskop UKM dan perdagangan, M. Nurdin S.Sos, M.Si, dengan peringkat ke 5 dari 240 kabupaten kota di Indonesia," pungkasnya. 

Penulis  : Redaksi
Editor    : Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com