25 Desember 2018 | Dilihat: 363 Kali
Distan Simeulue Serahkan Bantuan Alat Pertanian Pada Masyarakat Mukim Rantai Ranup
noeh21
Kepala Distan Pangan Simeulue, Suhelmi, SP dan Anggota DPRK Poni Harjo menyerahkan bantuan dana aspirasi.
 

IJN - Simeulue I Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Simeulue menyerahkan bantuan dana aspirasi tahun 2018 kepada kelompok tani masyarakat yang berada di Desa Sanggiran, Desa Ujung Harapan, Desa Lhok Makmur, Kecamatan Simeulue Barat.

Bantuan dana aspirasi dari Poni Harjo Anggota DPRK Simeulue, berupa alat pendukung pertanian diantaranya tangki semprot (hand sprayer) dan gerobak sorong.

Bantuan alat pendukung pertanian tersebut diserahkan langsung Poni Harjo dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue, Suhelmi, SP yang diterima langsung secara simbolis oleh Ketua Kelompok tani masyarakat di Mukim Rantai Ranup, Senin 24 Desember 2018.

Adapun bantuan dana aspirasi tersebut terdiri dari alat tangki semprot yang berjumlah 60 unit, gerobak sorong 200 unit serta 1 unit mesin peronrtok padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue, Suhelmi, SP, mengungkapkan bahwa bantuan alat pendukung pertanian ini diberikan kepada masyarakat sebagi bentuk kepedulian pemerintah dan anggota legislatif yang terus bersinergi memberikan perhatian kepada masyarakat untuk bisa mempermudah melakukan aktivitas menanam padi maupun memanen padi.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat penerima manfaat alat pendukung pertanian itu dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Terlebih lagi wilayah Desa Sanggiran dan dua desa yang bertetangga yang tergabung dalam Mukim Rantai Ranup memiliki areal persawahan yang begitu luas.

Suhelmi juga menjelaskan pentingnya sektor pertanian untuk terus digalakkan karena merupakan salah satu program prioritas dari Bupati Simeulue.

Sementara Poni Harjo, Anggota DPRK Simeulue mengatakan bahwa bantuan alat pertanian ini merupakan suara aspirasi dari masyarakat yang harus dipenuhi oleh dirinya selaku wakil rakyat.

Kegiatan yang turut menggandeng Distangan dikarenakan instasi terkait merupakan pengelola dana aspirasi yang diusulkan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, dirinya mengharapkan masyarakat untuk tidak salah menafsirkan terkait Pileg 2019 mendatang.

Dengan adanya bantuan dana aspirasi berupa alat pendukung kegiatan pertanian ini dirinya juga berharap agar dapat menambah motivasi masyakat untuk bertani sehingga masyarakat tidak lagi bergantung beras dari luar Pulau Simeulue. Bantuan aspirasi ini dijelaskan oleh Poni Harjo diberikan kepada masyarakat yang belum pernah menerima penerima manfaat.

Sementara Kepala Mukim Rantai Ranup, Hainudin mengatakan pemerintah saat ini juga sedang berupaya membenahi di sektor pertanian. Dirinya juga berharap agar Distangan Kabupaten Simeulue memberikan bimbingan pertanian.

Kepala Mukim Rantai Ranup mengaku Distangan telah memberikan hand traktor untuk menunjang kegiatan membajak sawah.

Di samping itu dirinya juga meminta agar di Mukim Ranup agar disediakan Kantor Penyuluhan Pertanian, hal ini disebabkan Kantor Penyuluh Pertanian yang berada di Ibukota kecamatan memiliki jarak yang jauh.

Penyerahan bantuan alat pertanian ini juga turut dihadiri oleh aparat desa setempat serta penyuluh dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh. (AA).
 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com