04 September 2019 | Dilihat: 1151 Kali
Docking, Pelayaran Singkil-Gunung Sitoli dan Singkil-Pulau Banyak Ditutup
noeh21
KMP. Teluk Singkil, saat bersandar di Pelabuhan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Dengan masuknya masa perawatan (Docking) Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Singkil, aktivitas pelayanan jasa penyeberangan laut yang melayani rute Singkil-Pulau Banyak (Kabupaten Aceh Singkil) dan Singkil-Gunung Sitoli (Nias) ditutup.
 
"Aktivitas pelayanan jasa penyeberangan laut melalui pelabuhan Singkil, untuk sementara ditutup (tidak beroperasi)," ucap salah seorang Pegawai ASDP Cabang Singkil, Dedi kepada Indojayanews.com, Rabu 4 September 2019.
 
Dikatakannya, penutupan sementara pelayaran tersebut, karena armada KMP Teluk Singkil yang biasa melayani rute itu naik docking. "Sesuai aturan ada waktu tertentu kapal wajib naik docking," ujarnya.
 
Dedi menambahkan, penutupan sementara pelayaran rute tersebut, dikarenakan tidak adanya kapal penganti yang seimbang dengan besarnya dengan KMP. Teluk Singkil.
Ditambah lagi dengan ukuran KMP. Teluk Singkil dikatagorikan kecil.
 
"Bila diganti dengan aramada lainnya yang ada lebih besar. Sehingga operasional yang dikeluarkan tidak sesuai," jelasnya.
 
Selanjutnya Dedi mengatakan, rencananya KMP. Teluk Singkil akan mulai naik docking dan pengoperasian pelayaran Singkil- Gunung Sitoli dan Singkil-Pulau Banyak sementara ditutup, Sabtu siang, 7 September 2019 kembali beroperasi.
 
"Untuk pelayaran tersebut kembali akan beroperasi, setelah KMP. Teluk Singkil selesai docking di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. sekira sebulan kedepan," ungkapnya.
 
Sementara Manager Usaha dan Teknik ASDP cabang Singkil, Syahrul kepada wartawan mengatakan, sebelum naik docking KMP. Teluk Singkil masih terus melayani pelayaran penyeberangan Singkil - Pulau Banyak sesuai jadwal terbaru yang dikeluarkan ASDP pada 03 September 2019 dimana mulai 4 September.
 
Sedangkan jadwal keberangkatan dari Pulau Banyak - Singkil jam 9 pagi, sebaliknya dari Singkil - Pulau Banyak jam 2 siang berlaku hingga 6 September, sementara pada 7 September hanya melayani rute Pulau Banyak - Singkil jam 9 pagi.
 
Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com