01 Oktober 2020 | Dilihat: 2358 Kali
DPRA Minta Rumah Sakit Tunjukkan Hasil SWAB Kepada Keluarga Pasien
noeh21
Tarmizi, SP Anggota DPR Aceh. Foto ist
 

IJN - Banda Aceh | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Tarmizi, SP dari Fraksi Partai Aceh (PA) meminta pihak Manajemen Rumah Sakit Daerah untuk menjelaskan dan menunjukkan hasil SWAB kepada pihak keluarga pasien Covid yang meninggal dunia. 

Sebelumnya, hal tersebut terjadi pada salah seorang keluarga asal Kuala Bhee, Kecamatan Woyla, pasien diduga meninggal dunia karena terkonfirmasi covid-19, dan pihak keluarga menuntut pihak terkait untuk menunjukkan hasil SWAB.

Kejadian tersebut, menurut Tarmizi, SP harus menjadi contoh dari pihak terkait agar mampu menjelaskan kepada pihak keluarga tentang hasil Tes SWAB.

"Keluarga pasien sangat terkejut dan sedih dengan dikebumikan anggota keluarganya sesuai Protokol Covid-19. Tidak boleh ikut menguburkan, tidak ada Kenduri, karena masyarakat tidak berani datang ke rumah duka, hal ini tentu membuat keluarga sangat sedih dan terpukul sekali," kata Tarmizi, SP Anggota Komisi V DPR Aceh, Kamis 1 Oktober 2020.

Bahkan, jika keluarga meminta hasil tes tidak ditunjukkan maka akan muncul kecurigaan dan keluarga korban semakin sedih. "Apa yang perlu ditutupi dari hasil SWAB, saya rasa wajib ditunjukkan kepada kekuarga pasien dan jangan sampai ada sesuatu yang ditutup-tutupi," harap Tarmizi.

"Bagi pasien yang meninggal dunia jangan sampai ada hasil SWAB negatif namun diputuskan positif, jika ada satu kasus saja yang terjadi seperti itu, maka akan hilang rasa percaya publik kepada Rumah Sakit," Tutup Tarmizi, SP.

Penulis: Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com