02 September 2023 | Dilihat: 100 Kali
DPRK Nagan Raya Minta Instansi Terkait Segera Tangani Banjir di Beutong
noeh21
Ketua DPRK Nagan Raya Jonniadi memimpin rapat koordinasi dengan instansi terkait di gedung DPRK setempat. Foto Hendria Irawan
 

IJN - Suka Makmue | Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Darurat Bencana Beutong Ateuh Banggalang.

Rapat koordinasi yang berlangsung di Ruang Badan Anggaran Dewan itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRK, Jonniadi, SE, didampingi Ketua Komisi III, Zulkarnain, serta dihadiri Asisten III mewakili Pj Bupati, Kalak BPBD Irfanda Rinaldi, Sekwan, Kadis Perkim, Kadinsos, mewakili Bappeda, BPKD dan BMK.

Baca juga : Geruduk Rumah Plt Gubernur Aceh, Tiyong Cs: Timses Saja Ditipu, Apalagi Rakyat

Rapat koordinasi tersebut membahas terkait langkah-langkah penanganan pasca banjir bandang di Beutong Ateuh Banggalang beberapa waktu lalu.

Ketua DPRK Nagan Raya Jonniadi dalam rakor tersebut mempertanyakan terkait anggaran dan upaya dalam penanganan banjir tersebut.

Dia menegaskan, segera menambah alat berat ke Beutong Ateuh dan SKPK terkait untuk melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi akibat banjir bandang.

"Dari hasil rapat hari ini, SKPK terkait segera mengambil peran masing-masing, mulai dari perbaikan, memulihkan kembali perekonomian masyarakat dengan memberi modal usaha untuk para korban yang terdampak secara langsung akibat bencana tersebut," kata Jonniadi.

Baca juga : Perkosa Anak Bawah Umur, Dua Pria Ditangkap Polisi

Disamping itu, Jonniadi bersama Ketua Komisi III DPRK Zulkarnain juga memohon Pemkab melalui instansi terkait terus mengekspos musibah bencana alam itu dan upaya penanganannya agar diketahui publik, sehingga semua pihak ikut bersimpati dan ikut membatu. 

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi III DPRK, Zulkarnain, meminta Pemkab Nagan Raya agar menurunkan tim teknis secepatnya untuk mengidentifikasi semua masalah. 

"Tak hanya masalah insfrastruktur yang rusak, tetapi juga dengan terganggunya perekonomian masyarakat,  proses belajar mengajar anak-anak sekolah dan pemulihan psikologis/ traumatik masyarakat akibat dari musibah tersebut," jelasnya.

Selain itu, kata Zulkarnain, meningkatkan koordinasi dengan Pemprov Aceh, terutama terkait dengan anggaran pembangunan/ rehabilitasi jembatan gantung yang rusak akibat diterjang banjir.

Baca juga : Polisi Tetapkan Lima Tersangka Kasus RS Regional Aceh Tengah

Kemudian, lanjutnya, meningkatkan bantuan masa panik terutama kepada masyarakat yang berdampak baik yang berdampak banjir maupun masyarakat  yang terganggu perekonomiannya.

Disamping itu, tambah Zulkarnain, melakukan upaya pencegahan atau mitigasi bencana.  Mengingat saat ini sedang musim hujan, maka hal itu perlu untuk dilakukan agar masyarakat merasa tenang dan tidak terlalu  khawatir.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati dan jajarannya, TNI/Polri dan berbagai pihak yang ikut terlibat serta membantu dalam penanganan darurat.

"Kesepakatan dalam rapat tersebut, tim teknis dari BPBD, Perkim, Dinsos dan PUPR akan berangkat ke lokasi bencana Beutong Ateuh untuk mengidentifikasi kerusakan," sebut Zulkarnain.

Baca juga : Petani di Nagan Raya Serahkan Senpi Pistol FN Sisa Konflik ke Polisi

Dalam rakor tersebut, Pj Bupati Fitriany Farhas, AP, SSos., MSi, melalui Asisten III Bambang Surya Bakti, SE, meminta BPBD dan instansi terkait lainnya segera mengambil langkah-langkah penanganan berikutnya, termasuk proses penggunaan alokasi anggaran yang diperuntukkan menangani bencana alam. 

Dalam hal penggunaan anggaran, kata Bambang Surya, agar mempedomani aturan dan mekanisme yang ada, seperti penetapan Beutong Ateuh Banggalang sebagai daerah darurat bencana.

"Pemkab terus memantau perkembangan dan penanganan pasca bencana. Jajaran SKPK terkait segera mengambil langkah-langkah penanganan serta menindaklanjutinya," tegasnya.



Penulis: Hendria
Editor : Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com