03 Februari 2024 | Dilihat: 497 Kali
Dua Gampong di Beutong Salurkan BLT Dana Desa Tahap Pertama
noeh21
Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa kepada keluarga penerima manfaat di Gampong setempat. Foto. Hendria Irawan/ Indojayanews
 

IJN - Nagan Raya | Pemerintah Gampong Blang Baro Pulo Raga dan Krueng Cut, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, menyerahkan Bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2024, di kantor Desa setempat, Senin 3 Febuari 2024.
 
Keuchik Gampong Blang Baro Puloe Raga, Iwan Gunawan mengatakan, penyerahan BLT dana Desa tahap pertama tahun 2024 terlaksana dengan baik.
 
"Alhamdulillah penyerahan BLT dana desa berjalan lancar, ini berkat bantuan pihak pendamping Desa dan Kecamatan yang selalu mendorong dalam percepatan penyaluran dana desa di tahun 2024," kata Keuchik Iwan Gunawan.
 
Keuchik juga turut mengucapkan terima kasih kepada unsur Muspika dan pihak terkait lainnya yang terus mendorong dalam percepatan pengajuan dana desa.
 
"Alhamdulillah dengan cairnya dana desa, hari ini kami langsung menyerahkan BLT kepada penerima yang sudah ditetapkan melalui Musyawarah Desa (musdesus) khusus," ucapnya.
 
Keuchik Iwan menyebutkan, ada sebanyak 23 keluarga penerima manfaat (KPM) masyarakat miskin ekstrim di Desa Blang Baro Pulo Raga. "Semoga BLT ini dapat menekan miskin ekstrim dan membantu kebutuhan masyarakat sehari-hari," sebutnya.
 
Disamping itu, Keuchik Desa Krueng Cut, Ilyas mengatakan, berkat kerja sama yang baik antara pendamping Desa, pendamping kecamatan, dan unsur muspika, BLT dana desa bisa tersalurkan. 
 
"Alhamdulillah BLT dana desa tahap pertama telah disalurkan untuk keluarga penerima manfaat sebanyak 18 orang masyarakat di Gampong Krueng Cut," kata Keuchik Ilyas.
 
Keuchik Ilyas berharap melalui penyaluran BLT ini dapat mengurangi beban hidup masyarakat dan membantu kebutuhan sehari-hari.
 
Terpisah, pendamping Desa di Kecamatan Beutong, Sri Hartati mengatakan penyerahan BLT Dana Desa tahap pertama berdasarkan hasil musyawarah khusus Desa.
 
"ini berdasarkan musyawarah dan pendataan terhadap kriteria-kriteria penerima, sebagaimana diatur dalam permendes nomor 13 tahun 2023, peraturan menteri keuangan (PMK) nomor 145 dan nomor 146," katanya.
 
Ia menyebutkan, menyaluran BLT Dana Desa sudah sesuai dengan perdes yang ditetapkan oleh Keuchik Gampong.

"Penyerahan BLT dana desa ini disalurkan kepada keluarga miskin ekstrim, dengan harapan dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," sebutnya.
 
Dijelaskan, dua Gampong ini merupakan desa pertama di kecamatan Beutong yang telah menyerahkan BLT dana desa tahap pertama tahun 2024.
 
"Alhamdulillah di kecamatan Beutong baru 2 desa di tahap pertama yang telah menyerahkan BLT Dana Desa tahun 2024," demikian tutupnya.
 
Dalam kegiatan ini hadir Camat Beutong, Said Azman SE. MM, Keuchik Blang Baro Pulo Raga, Keuchik Gampong Krueng Cut, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.



Penulis: Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com