14 Agustus 2019 | Dilihat: 629 Kali
Dua Puluh Anggota DPRK Aceh Jaya Resmi Dilantik, Periode 2019-2024
noeh21
Dua puluh anggota DPRK Aceh Jaya Resmi Dilantik. Masa periode 2019-2024. Foto Musliadi
 

IJN – Aceh Jaya | Sebanyak 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Jaya masa periode 2019-2024 dilantik dan mengambil sumpah jabatan yang berlangsung di aula gedung DPRK setempat, Rabu 14 Agustus 2019.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRK Aceh Jaya dipimpin oleh oleh Eli Yurita, SH, MH Ketua Pengadilan Negeri Calang dan turut disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya, unsur Forkopimda dan berbagai undangan lainnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRK Aceh Jaya berlangsung dengan sukses, aman dan lancar yang juga dihadiri oleh ratusan masyarakat untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

Dari informasi yang didapatkan, untuk anggota DPRK Aceh Jaya periode 2019-2024 yang memperoleh kursi terbanyak nyakni Partai Aceh 7 kursi, PNA 3 kursi, Golkar 3 kursi, Demokrat 2 kursi, PDA 2 kursi, Gerindra 1 kursi, PAN 1 kursi dan PPP 1 kursi.

Dalam amanat Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang dibacakan oleh Teuku Irfan TB, Bupati Aceh Jaya mengatakan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan kepada anggota DPRK merupakan investasi dan ikrar dari semua anggota dewan untuk berjuang mengartikulasi kepentingan rakyat melalui pelaksanaan tugas dan fungsi dewan itu sendiri.

“Maka sebutan wakil rakyat hendaknya jangan hanya selogan saja, tapi sebutan itu mesti dipegang teguh agar tidak mengalami degradasi makna setelah duduk dilembaga legislatif,” kata Nova Iriansyah.

Masih kata Nova, bagi anggota DPRK yang telah dilantik tersebut kedepan agar dilakukan kerjasama dan dibangun kemitraan yang setara, sebab sesuai ketentuan perundang-undangan , posisi DPRK juga bagian dari unsur penyelenggara pemerintah daerah. Karena itu ia berpesan anggota DPRK ini bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak lainnnya sesuai dengan fungsi masing-masing. Sehingga setiap gerakan pembangunan yang dirancang akan berjalan dengan baik serta mampu menghasilkan pencapaian yang terukur sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat, demikian sambutan Nova Iriansyah yang dibacakan Bupati Aceh Jaya.

Sementara itu, Adnan Ns selaku tokoh masyarakat Aceh Jaya disela acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRK mengatakan kepada 20 anggota DPRK Aceh Jaya yang telah dilantik tersebut agar kedepan dalam menyusun APBK supaya berpihak pada masyarakat kecil dan menciptakan sebuah program yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, supaya usaha-usaha rakyat Aceh Jaya bisa berkembang dan ekonomi masyarakatpun meningkat.

Ia selaku tokoh masyarakat berharap pada anggota DPRK terpilih ini, dalam lima tahun kedepan harus ada kreasi-kreasi baru yang berpihak pada rakyat kecil seperti pengembangan tanaman industri yang bisa di ekspor keluar daerah, karena selama ini kabupaten Aceh Jaya masih terpuruk dibandingkan dengan daerah lainnya di Provinsi Aceh.

“Kita sangat berharap pada anggota dewan ini, agar kedepan bisa menciptakan kreasi-kreasi baru selain program-program pembangunan lainnya, karena alam Aceh Jaya masih sangat luas dan subur untuk diciptakan pengembangan ekonomi masyarakat selain sawitinisasi yang saat ini mulai mewabah di Aceh Jaya,” harap Adnan NS.

Penulis : Musliadi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com