17 November 2020 | Dilihat: 194 Kali
Duta Pelajar Sadar Hukum Terpilih Diharapkan Bisa Membawa Nama Baik Simeulue di Tingkat Provinsi
noeh21
Kasi Pidum Kejari Simeulue, Romi Affandi Tarigan, saat membuka Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Simeulue, di Aula Dinas Pendidikan Cabang Wilayah Simeulue (Foto : Jenedi )
 

IJN - Simeulue | Puluhan pelajar dari sekolah tingkat SMA dan SMK di Simeulue, mengikuti lomba seleksi Duta pelajar sadar Hukum, yang digelar Kejaksaan Negeri Simeulue bekerja sama dengan Dinas pendidikan cabang wilayah Simeulue.

Sedikitnya ada sekitar 62 pelajar yang ikut dalam ajang tersebut. Mereka berasal dari seluruh sekolah Tingkat SMA dan SMK se Simeulue, untuk merebut juara sebagai Duta pelajar sadar Hukum tingkat Kabupaten Simeulue, tahun 2020.

Ajang yang digelar lembaga pendidikan dan Hukum di Simeulue itu, dibuka lansung oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Simeulue, Romi Affandi Tarigan, bertempat di Aula Gedung Dinas Pendidikan cabang  wilayah Simeulue, pada Selasa 17 November 2020.

Baca Juga : Puluhan Pelajar di Simeulue Ikuti Lomba Duta Kamtibmas

Dalam sambutannya, Kasi Pidum mengatakan, tujuan dari diadakannnya lomba Duta sadar Hukum itu untuk mengetahui seberapa pengetahuan pelajar di Simeulue mengenai dunia Hukum di Indonesia.

Dengan adanya lomba tersebut kata Romi, jika sebelumnya para pelajar masih belum banyak mengetahui tentang Hukum, maka dengan adanya event ini, diharapkan wawasan tentang kesadaran hukum terhadap generasi milenial ini akan bertambah.

"Mereka yang terpilih menjadi Duta pelajar sadar hukum ini, kita harapkan bisa membawa nama baik Simeulue ke tingkat provinsi," Kata Romi Affandi Tarigan.

Romi juga menekankan bahwa, tidak lah perlu juara atau tidak yang diraih. Terpenting, peserta yang telah ikut dalam kesempatan itu dapat mensosialisasikan kesadaran hukum, di tengah Masyarakat nantinya.

Lebih lanjut Kasi Pidum Kajari Simeulue ini mengatakan bahwa ajang pencarian Duta pelajar sadar Hukum ini merupakan kegiatan yang harus tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

Tujuannya, kata Romi, agar pihaknya bisa terus memberikan kesempatan kepada pelajar atau generasi muda untuk lebih memahami secara dalam tentang kesadaran Hukum. Sehingga, para generasi muda di Simeulue ini akan lebih berkreatifitas, unggul dan lebih baik kedepannya.

Semetara itu Kepala Dinas Pendidikan Cabang Simeulue, Al Amin, berharap kepada peserta yang mengikuti ajang ini nantinya mampu merubah paradigma Masyarakat mengenai kesadaran Hukum.

Siapa pun yang terpilih dalam kesempatan ini kata Al Amin, itu lah Duta Simeulue tahun ini yang dimunculkan. Maka itu, ia menegaskan kepada seluruh peserta untuk tetap harus memiliki semangat, optimis, dan jangan mundur sebelum tempur.

Penulis : Jenedi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com