11 Mei 2019 | Dilihat: 712 Kali
Forum BUMDes Tasikmalaya, Kagumi Pengelolaan Bantuan Pangan Non Tunai
noeh21
 

IndoJayaNews – Forum BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat berhasil mewujudkan pengelolaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), khususnya beras. Hal ini dikatakan Drs. Usep Hardiana, Ketua Forum BUMDes Kab. Tasikmalaya 10 Mei 2019 melalui rilis yang dikirim ke kantor redaksi IndojayaNews:

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang erat dari pegurus Forum BUMDes di Padakembang (Kab. Tasikmalaya), rerata 150 ton gabah per bulan berhasil diolah jadi stok beras BPNT. Berasnya pun berkualitas bagus, kini disimpan di e-Warung, sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan. Terpenting, ini menggiatkan ekonomi warga,” papar Usep yang hari itu didampingi Sekertaris dan Wakilnya masing-masing Drs Tuus dan Damai Drajat Suryadi.

Diketahui upaya pengumpulan beras BPNT ini, menurut Usep Herdiana merupakan prestasi tersendiri. Pasalnya, bahan baku beras saat ini didatangkan dari hasil budi daya pertanian di darah Tasikmalaya.

“Padinya dari hasil usaha Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), utamanya dari daerah Padakembang, Kecamatan Taraju, dan Singaparna. Saya kagum atas keberhasilan ini.”

Forum BUMDes di Kabupaten Tasikmalaya relatif baru dibentuk, sejak Februari 2018.  Bagusnya, di beberapa desa geliatnya telah banyak dirasakan waerga, seperti usaha pengadaan sembako, jasa pelayanan pembayaran payment point online bank (PPOB), peternakan, pengelolaan air bersih, dan pengembangan obyek wisata.

Menurut kabar malah ada beberapa BUMDes yang menonjol seperti BUMDes Kamulyan Kecamatan Manonjaya, BUMDes Kertamukti Kecamatan Ciawi, BUMDes Buniasih Kecamatan Kadipaten, BUMDes Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras, dan BUMDes Cikunten Kecamatan Singaparna

Penutupnya menurut Usep Herdiana yang saat itu masih ditemani Bendahara dan Wakilnya dari Forum BUMDes Kabupaten Tasimalaya masing-masing Nurhasan dan Nandang Spd.:

“Semoga nantinya ekonomi Tasikmalaya mampu berimbas ke tahap regional maupun nasional lebih besar lagi.”  

Penulis : Harri Safiari
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com