18 Januari 2019 | Dilihat: 320 Kali
Forum Keuchik Sabang Sesalkan Sikap Tendensius YARA Menilai Keuchik
noeh21
Ketua Forum Kechik Adnan Hasyim. Foto ; Windi
 

IJN - Sabang | Forum Keuchik Kota Sabang, Adnan Hasyim disapa Ayah Nan, sangat menyesalkan  pernyataan tendensius dan arogansi yang disampaikan Ketua YARA Banda Aceh yang dimuat disalah satu Media Online.

"Wajar saja jika timbul pertanyaan kita sekarang ini, tugas YARA itu apa, apakah tugasnya memang sebagai advokasi rakyat, membela rakyat kecil, atau bekerja di kantor Gubenur Aceh! tanya? "Ayah Nan.

Mengancam Keuchik itu patut kita pertanyakan, apalagi dengan cara-cara mengancam, mengeluarkan statement, memberi warning akan melakukan pemeriksaan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) Keuchik. 

Baca Juga : YARA Warning Forum Keuchik Sabang Ikut Campur Masalah BPKS

“Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) tidak perlu tindensius dalam menilai Keuchik Kota Sabang “ kata Ketua Forum Keuchik Kota Sabang Adnah Hayim saat Konfrensi Pers dengan sejumlah Wartawan di Kantor Keuchik Cot Ba'u Sabang, Kamis 17 Januari 2019. 

Menurutnya, YARA bukanlah auditor, tetapi hanya yayasan advokasi. Menurut kami YARA tidak mempunyai wewenang atas audit Keuchik, kami Keuchik, mempunyai auditor sendiri, seperti Bawasda, BPKP, dan Audit Pendamping Desa. 

Ada apa sebenarnya dengan YARA, kok ngotot kali membela kebijakan Dewan Pengawan Sabang (DKS), dan saat ini ada seorang oknum dari YARA sedang mencoba mempengaruhi Keuchik-keuchik di Sabang,  agar menyatakan sikap setuju, tidak keberatan Kepala BPKS diganti. 

Bargainingnya, kalau Keuchik mendukung, dana ADD tidak diperiksa, sebaliknya, bila tidak mau, dana ADD Keuchik akan diperiksa, dan sudah ada yang melapor tadi ke saya, Keuchik Kuta Ateuh. 
Tentunya sikap seperti itu sangatlah disesalkan dan tidak profesional, mengancam akan memeriksa semua Keuchik di Sabang terkait penggunaan dana ADD, sikap yang ditunjukan YARA sekarang ini sudah seperti penyidik, mengalahkan aparat hukum. 

“Hari ini saya himbau YARA jangan cari masalah dengan Keuchik di Sabang, kami akan meladeni di jalur manapun, “ujar Adnan Hasyim. 

Lebih lanjut dikatakan Adnah Hayim, hari ini saya berani katakan ke seluruh publik, bahwa, Sayid Fadhil dilengserkan dari jabatannya karena sarat kepentingan politik. 

Pada prinsipnya kami bersikap sesuai aturan, tidak ada kepentingan kami terhadap BPKS maupun Sayid Fadhil, kecuali untuk perbaikan dan kemajuan BPKS demi mengedepankan kepentingan masyarakat. 

Forum Keuchik Kota Sabang sangat mendukung dan siap mendukung Sayid Fadhil melakukan gugatan PTUN ke pihak DKS,  ujar Adnah Hasyim. (Windi) 

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com