13 Juli 2019 | Dilihat: 654 Kali
FPA Dukung Pengesahan Bendera Alam Peudang Lambang Pemerintah Aceh
noeh21
Bendera Alam Peudang
 

IJN - Aceh Besar | Menyikapi polemik yang berkembang terkait tolak tarik keputusan tentang bendera Aceh yang sedang dalam pembahasan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh beberapa waktu lalu.

Ketua Forum Pemuda Aceh (FPA) M. Agus di kediamannya tepatnya di Kabupaten Aceh Besar, Jantho menyatakan permasalahan lambang dan bendera yang sampai saat ini belum ada kejelasan dari pemerintah pusat, padahal sudah jelas tertuang di qanun No.3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh.

Menanggapi hal tersebut, M.Agus mengatakan, terkait masalah lambang bendera Aceh, dirinya selama ini belum pernah diundang oleh Pemerintah Aceh maupun dari DPRA untuk membahas persoalan masalah ini.

“Masalah ini (lambang bendera) tanggungjawab kita semua sebagai rakyat Aceh, bukan hanya tanggungjawab sekelompok atau segelintir orang saja, maka perlu masukan dari berbagai pihak sehingga masalah ini bisa cepat diselesaikan,” kata M. Agus di Janto, Aceh Besar kepada Indojayanews.com, Sabtu 13 Juli 2019.

Menurutnya, secara pribadi dirinya setuju dan tidak keberatan apabila lambang bendera Alam Peudang dijadikan Lambang Bendera Aceh, namun dirinya belum berani untuk mengungkapkan atau memberikan pernyataan secara terbuka terkait Bendera Alam Peudang ini, karena hal ini harus melalui musyawarah terlebih dahulu.

“Ada beberapa wilayah atau daerah khususnya di wilayah tertentu di Aceh menginginkan Bendera Alam Peudang sebagai lambang bendera Aceh, hal ini dikarenakan para tokoh di wilayah tertentu mengetahui sejarah dari bendera Alam Peudang," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, kalau di wilayah pesisir masyarakatnya khususnya  pesisir utara dan timur tidak terlalu paham akan sejarah kerajaan Aceh dan terlalu fanatik terhadap Bendera Bintang Bulan, sehingga tidak tahu kalau Bendera Alam Peudang itu sudah ada sejak dahulu dimasa kerajaan kerajaan Islam Aceh dan Iskandar Muda di Aceh.

“Mudah – mudahan Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Aceh baik Eksekutif dan Legislatif beserta elit politik  dan tokoh Aceh lainnya setuju dengan lambang bendera Alam Peudang tersebut sebagai lambang Provinsi Aceh, sehingga masalah lambang bendera ini cepat selesai dan tidak berlarut – larut sesuai keinginan seluruh rakyat Aceh,” pungkasnya.

Penulis : Li
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com