03 September 2020 | Dilihat: 86 Kali
Fraksi NPKP Dewan Minta Opini WTP Tidak Buat Pejabat Eforial
noeh21
DPRK Aceh Singkil saat menggelar rapat paripurna laporan akhir fraksi terhadap raqan pertanggungjawaban APBK 2019.
 

IJN - Aceh Singkil | Dengan mendapatnya predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil sejak beberapa tahun belakangan dari hasil pemeriksaan BPK-RI Perwakilan Aceh terhadap laporan keuangan, Fraksi NPKP (Nasdem Perjuangan Kebangkitan Pembangunan) minta tidak membuat pejabat eforial.

"Namun, justru dengan mendapatnya predikat opini WTP tersebut menjadikan tantangan kita bersama untuk kemajuan perbaikan kedepan,"ucap Sadri saat menyampaikan laporan pendapat akhir Fraksi NPKP DPRK Aceh Singkil, dalam sidang paripurna yang digelar diruang rapat utama dewan, Kamis 3 September 2020.

Hal tersebut, mengingat masih banyaknya terdapat temuan-temuan yang belum sesuai dengan Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dengan begitu Pemkab Aceh Singkil diharapkan dapat terus berbenah dan berupaya melakukan perbaikan-perbaikan terhadap entitas laporan, ungkap Sadri.

"Karena laporan keuangan merupakan penyajian informasi mengenai posisi keuangan realisasi anggaran arus kas," ungkap Sadri.

Selanjutnya dalam laporannya Fraksi NPKP juga meminta Pemkab Aceh Singkil dapat mengatasi keterbatasan keuangan dengan menyempurnakan manajemen keuangan daerah.

Karena kemandirian Pemerintah daerah terhadap kemampuan pendapatan asli daerah dalam membiayai pembelanjaan daerah belum mampu masih tergolong persentasenya sangat kecil.

Oleh karena itu kepada masing-masing SKPK yang memiliki target PAD perlu terus berkreatif dan inovatif dalam menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah lainnya,harapnya.

Rapat paripurna penyampaian laporan akhir fraksi, yang dipimpin langsung Ketua DPRK Aceh Singkil, Hasanuddin Aritonang didampingi Wakil Ketua, H.Amaliun, di hadiri Bupati, Dulmusrid, unsur Forkopimda, Sekda, Sekwan, para anggota Dewan, SKPK setempat serta undangan lainnya.

Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com