18 Juni 2019 | Dilihat: 436 Kali
Geliatkan Minat Baca di Kalangan Anak, Pemda Abdya Gelar Lomba Bercerita
noeh21
Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar MT membuka lomba bercerita tingkat SD/Sederajat. Foto Heri
 

IJN - Abdya | Puluhan siswa SD/MI Kelas 4 sampai dengan 5 Sekabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti lomba bercerita, di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah setempat, di Desa Meudang Ara Kecamatan Blangpidie, Selasa 18 Juni 2019.

"Di samping sebagai program rutin tahunan, acara ini juga kami gelar dalam rangka menumbuh kembangkan bakat dan minat baca para pelajar, khususnya di tingkat Sekolah Dasar," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Abdya, Nurhadisah dalam sambutannya.

Nurhadisah menyebutkan acara tersebut juga sekaligus bertujuan untuk melestarikan aneka budaya daerah, sehingga terbangun karakter rasa memiliki dan cinta terhadap tanah air.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar MT dalam pembukaannya berharap keberadaan perpustakaan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak terutama para orang tua dalam memotivasi minat baca di kalangan anak.

Wabup mengakui minat baca pada anak-anak saat ini sudah sangat menghkwatirkan. Hal ini merupakan dampak dari pesatnya teknologi. Anak-anak cenderung memilih dan berlama-lama dengan gadget mainan ketimbang dengan buku bacaan.

Lanjut Wabup, Pemkab Abdya melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah selama ini telah berupaya memaksimalkan potensi perpustakaan dengan berbagai program mulai dari peningkatan sarana prasarana hingga ke optimalisasi pengelolaan.

"Maka dari itu kita sebagai orang tua mari kita arahkan dan dorong anak-anak kita untuk rajin membaca buku hingga menjadi suatu kebiasaan, dengan harapan nantinya bisa menjadi generasi Abdya yang intelektual dan berkualitas," pungkasnya.

Pantauan IJN, Tema yang diusung dalam lomba bercerita tersebut "Menumbuhkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter dan Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Satu persatu para peserta lomba saling unjuk kemampuan bercerita tentang legenda kerajaan Kuala Batu dengan judul kisah Malelang dan Madiun. 

Penulis : Heri Purwanto
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com