29 Juni 2022 | Dilihat: 418 Kali
Ir Nova Iriansyah Diusul Jadi Nama Ruas Jalan Sekerak-Bandar Pusaka
noeh21
Ilustrasi nama Gubernur Nova Iriansyah
 

IJN - Banda Aceh | Sebelumnya Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meresmikan dua dari 14 ruas Proyek Peningkatan Jalan Multiyears Contrack (MYC). Senin, (27/6) kemarin.

Gubernur Nova mengatakan, pembangunan kedua ruas jalan tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan jalur transportasi yang mumpuni bagi masyarakat.

Atas dasar itu, Gubernur telah meminta para rekanan agar pembangunan kedua ruas jalan tersebut dapat menjadi salah satu kegiatan yang diprioritaskan.

Pasalnya, menurut Nova, keberadaan kedua ruas jalan itu tidak hanya dibutuhkan untuk mendukung gerak ekonomi, sosial dan budaya di kedua wilayah, tapi juga akan membuka keterisolasian masyarakat, serta mendukung konektivitas lintas kabupaten dalam hal pengangkutan barang dan jasa dari sektor pertanian dan perkebunan.

“Dengan demikian perekonomian masyarakat akan meningkat, jarak antar kabupaten/kota bisa dipersingkat, dan akan timbul kawasan pertumbuhan baru sebagai akibat dari lancarnya arus transportasi,” kata Nova Iriansyah.

Adapun jalan yang diresmikan yaitu Batas Aceh Timur – Kota Karang Baru di Aceh Tamiang, dan Jalan Batas Gayo Lues – Babahroet Aceh Barat Daya.

Sementara itu, kepada Indojayanews.com, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Fraksi PAN, Asrizal H. Asnawi menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Atas dasar itu, Asrizal mengusulkan ruas jalan Provinsi di Kecamatan Sekerak- Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang menjadi nama jalan Ir. Nova Iriansyah. "Sebagai perwakilan masyarakat Aceh Tamiang. Kami berterima kasih atas pembangunan ruas jalan tersebut. Saya usul nama gubernur Nova,"kata Asrizal, Rabu, 29 Juni 2022.

Menurut dia, usulan nama pada ruas jalan tersebut bagian dari ucapan terimakasih atas perhatian Nova Iriansyah terhadap akses jalan masyarakat di pedalaman.

Ia menjelaskan, ruas jalan Sekerak-Bandar Pusaka dibangun menggunakan Anggaran Pendapat Belanja Aceh (APBA) secara tahun jamak atau multiyears. Saat dirinya melakukan reses tahun 2015 lalu. Sejumlah tokoh masyarakat meminta untuk dibangun jalan yang mempersingkat jarak tempuh wilayah pedalaman ke ibukota Kabupaten.

"Sekarang ruas jalan ini usai dibangun dan telah dilalui masyarakat dengan nyaman. Tentu ini adalah komitmen Gubernur Nova dalam merampungkan proyek ruas jalan multiyears di Aceh Tamiang,"ujarnya.

"Wajar bila jalan dimaksud, kita usul ditabalkan nama Ir Nova Iriansyah. Untuk mengenang bakti beliau selama menjabat Gubernur Aceh," tutupnya. (Red)

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com