07 November 2018 | Dilihat: 511 Kali
Kabel Laut Rusak Jaringan Internet di Sabang Terganggu
noeh21
 

IJN - Sabang | Akibat kabel bawah laut milik PT. Telekomunikasi Indonesia, dalam beberapa hari ini jaringan komunikasi, internet, televisi kabel terganggu. Bahkan, diperkirakan   dalam beberapa hari ke depan, pengguna Hand Phon Android dan jaringan TV kabel dan wifi harus bersabar.

Karena,  jaringan internet dalam beberapa hari kedepan jaringan komunikasi masih mengalami gangguan koneksi, akibat System Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Link Banda Aceh – Sabang dalam perbaikan.

Pihak PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang disampaikan General Manager PT Telekomunikasi Aceh Subhan, ST, melalui WhatsApp (WA) mengeluarlan pengumuman atas gangguan pada System Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Link Banda Aceh – Sabang.

Menurut informasi, terjadi kerusakan koneksi pada layanan Telkom Group ( Telepon, Internet, Usee TV) di wilayah Sabang dan gangguan saat ini sedang dalam tahap Recovery. Kerusakan koneksi ini sendiri berawal karena putusnya kabel optik bawah laut sejak  Minggu, 4 November 2018 lalu.

Masyarakat Sabang mengaku kecewa dan sangat dirugikan atas gangguan tersebut seperti yang dialami Rini (35) warga Gampong Kuta Ateuh, selaku pengguna pelayanan jual paket barang online, dia mengaku kesal dan sangat dirugikan.

Jika saja jaringan komunikasi lancar ia dalam sehari dari hasil beli jual barang online dapat masukan jutaan rupiah namun, kini tidak bisa lagi melakukan transaksi dan transfer Short Massage Service  Banking.

"Akibat ada gangguan sudah empat hari saya tidak bisa melakukan transaksi jual beli online, konsumen saya sudah pasti kecewa semua karena saya tidak bisa melayani permintaan mereka. Kalau jaringan komunikasi lamban ditangani maka, pelanggan saya akan beralih ketempat lain dan saya akan rugi besar," kata Rini kepada wartawan, 6 November 2018.

Hal senada juga diungkapkan sejumlah wartawan di Sabang, karena tidak dapat mengirim berita menggunakan fasilitas Wifi. Banyak pekerjaan yang ketergantungan dengan fasilitas tersebut tidak bisa diselesaikan dengan sempurna, sehingga menjadi kendala mereka untuk beraktifitas.

"Harapan kami PT Telkom bisa secepatnya memperbaiki kerusakan kabel itu, mengingat  fasilitas Internet Indihome milik Telkom sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Sabang, termasuk dalam tugas awak media setiap waktu" sebut Dyki yang hendak menjadi pengantin baru ini. (Jalal)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com